Mengolah Ikan

Dulu banget paling rese deh kalo mau bikin ikan. Apalagi  yg namanya ngegoreng ikan. Pasti ancur dah, penampakkan akhirnya seperti mumi  yang tidak berbentuk, gupil sana gupil sini. Mau makan jadi nggak tega saking jeleknya ha…ha..ha.

Cuman karna anak yg  besar doyan banget sama yg namanya ikan goreng.  Belajarlah daku gimana supaya ikan goreng jadi terlihat cantik dan enak.Masa mau bodo terus ya nggak sih? Oaw2x ternyata caranya gampang banget.Cukup pake teflon (itu sih semua orang bisa ya), Lah kalo punyanya pengorengan biasa gimana dong? Jangan khawatir ini tips dari saya berdasarkan pengalaman. Pertama-tama panaskan minyak sampai agak keluar asap, masukkan ikan baru kecilkan apinya dijamin kulitnya tidak akan lengket dipenggorengan.

Untuk bumbu ikan gorengnya aku punya beberapa pilihan yang paling gampang.

  1. Ikan cukup dilumuri air jeruk nipis dan garam lalu taburi dengan merica. Diamkan beberapa saat lalu goreng
  2. Ikan dilumuri dengan jeruk nipis, bubuk ngohiong dan garam. diamkan beberapa saat lalu goreng

  3. Ikan dibumbui dengan beberapa siung bawang putih yang sdh dilumatkan dengan, garam dan ketumbar dan sedikit jahe

  4. Ikan dilumuri jeruk nipis, Bawang putih yang dilumatkan dengan kunyit dan garam

Semuanya akan menghasilkan ikan goreng yang enak, terutama cara yg nomer 2. Kesukaan seisi rumah termasuk mertua. Tapi tentunya selain bumbu diatas, kualitas ikan akan mempengaruhi cita rasa.

Cara yang biasanya saya pake untuk mencari ikan yg berkualitas bagus

  1. Lihat mata dan insang ikan. Cari mata yg masih berwarna bening, jangan yang keruh. Serta  insang ikan yg masih berwana merah segar

  2. Cium ikan. Jangan pilih yg beraroma busuk karna dibumbui apapun hasilnya tidak akan enak.

  3. Pencet badan ikan. Kalo masih menul-menul berarti fresh. Tapi kalo dipencet lama baliknya lebih baik tinggalkkan saja cari yang lain

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s