PAIS KUE KERANJANG

tmp_32599-17-02-23-20-45-03-215_deco-162040480

Kue keranjang disebut juga sebagai Nian Gao (年糕) atau dalam dialek Hokkian Ti Kwe (甜棵). Di Indonesia disebut kue keranjang karna dicetak dalam dapat wadah yang berbentuk keranjang. Kue ini nyaris seperti dodol yang terbuat dari tepung ketan dan gula, serta mempunyai tekstur yang kenyal dan lengket. Kue yang wajib ada dalam setiap perayaan imlek.

Dipercaya pada awalnya kue, ini ditujukan sebagai hidangan untuk menyenangkan dewa Tungku (竈君公 Cau Kun Kong) agar membawa laporan yang menyenangkan kepada raja Surga (玉皇上帝 Giok Hong Siang Te). Selain itu, bentuknya yang bulat bermakna agar keluarga yang merayakan Imlek tersebut dapat terus bersatu, rukun dan bulat tekad dalam menghadapi tahun yang akan datang.

Walau kami sekarang bukan penganut agama Kong Hu Chu…tapi tradisi kue keranjang dalam imlekan selalu ada. Mami setiap tahun pasti akan memberi kami masing-masing anaknya satu buah keranjang untuk dibawa pulang. Kue keranjang berwarna coklat dibungkus plastik bening yang atas ditempelin kertas merah yang di beri tulisan aksara china.

Jujur saya bukan penyuka kue ini. Kecuali buatan almarhum nenek suami. Kue keranjangnya agak kehijauan dibungkus dengan daun pisang. Manis dan wangi daun pisang enak sekali. Sayang nenek keburu meninggal sebelum sempat menurunkan ilmunya ke saya.

Sudah ada 3 minggu kue keranjang ini terdampar dengan manis dalam kulkas. Memang kue ini awet tahan sampai berbulan-bulan, tapi mata saya mulai gatal ngelihat kulkas yg penuh dengan berbagai macam makanan.

Akhirnya saya coba menghadirkan kembali aroma daun pisang plus daun pandan ke dalam kue keranjang dengan membungkus dan mengolahnya ulang. Coba di bikin pais  seperti pais pisang, tidak pakai pisang tapi pake kue keranjang disiram santan yang sudah diberi tepung beras dan sedikit garam biar rasanya balance dengan rasa kue keranjang yg manis.

Namun ketika santan saya panaskan kok hasilnya mengumpal. Diingat-ingat ternyata santan yang rencananya saya beri tepung beras malah saya beri tepung terigu…Mau dibuang kok eman ya sudah proses tetap saya lanjutkan…Hasilnya enak tuh….malah nyatu dengan kue keranjangnya.

tmp_32599-17-02-23-20-46-28-855_deco-1211794436

PAIS KUE KERANJANG

1 bh kue keranjang potong jd 12 iris

200 ml santan kental

1 sdt terigu

1/4 sdt garam

Cara

Campur santan, terigu dan garam lalu dipanaskan hingga mengental

Ambil selembar potongan daun pisang diberi alas daun pandan

Taruh kue keranjang, siram dengan campuran santan.

Bungkus lalu kukus lebih kurang 15 menit

 

 

 

 

CRYSANTHENUM TEA

2015-06-25-07-37-37_deco[1]

Sudah lama sebenarnya ingin periksa darah, maklumlah sudah memasuki usia kepala 4 buat jaga-jaga saja. Ibarat mesin perlu jugakan sekali-kali diperiksa?seandainya ada kerusaakan biar bisa ditanggulangi sedini mungkin sebelum menjadi parah

Kebetulah ade ipar berkunjung hari selasa kemarin cerita kalo ada pemeriksaan gratis di apotik kimia farma. Namanya kan juga ibu-ibu jadi semangat begitu denger ada yg gretongan. Rabu pagi berdua dengan suami ke sana untuk menjalani pemeriksaan.

Puji Tuhan walau tidak sempurna hasil pemeriksaan darahku tapi ya juga nggak parah-parah amir. Kolestrol normal. gula darah setelah puasa cuma lebih 5 poin, asam uratnya kurang 1 poin…lumayan kan.

Sedang suami gula darahnya agak tinggi demikian juga dengan kolestrolnya yang melewati angka 200. Pantas saja belakangan ini dia sering merasa kesemutan. Habis doyannya ngemil gorengan sih.

Kebetulan dirumah masih punya bunga Chrysantheum kering. Yang salah satu manfaatnya bisa menurunkan kadar kolestrol sedang manfaat lain baca disini

Buatnya saya nggak pake gula karna gula darah suami saya agak tinggi. Yang ingin menambahkan gula saya anjurkan pake gula batu. Oleh ade sih dianjurkan pake goji bery, jujur belum pernah mencoba. Kapan-kapan akan saya coba juga selain memambah khasiat teh ini, juga menghargai ade yg sudah jauh-jauh membawakannya dari Surabaya. Thanks u sister…. 2015-06-25-07-35-37_deco[1]

 

bahan:

15 bh bunga Chrysanthenum kering

250 ml Air mendidih

Cara

Taruh bunga Crysan dalam poci teh lalu tuang air mendidih, saring lalu minum.

 

 

NONA MANIS TALAM PANDAN

NONA MANIS

Tertarik bikin kue ini awalnya liat dari blognya Azlita masam manis. Hijau cantik ada bintik putihnya.Setelah dibaca ternyata mba Itapun belajar dari blognya mba Hesti. Ya sudah sekalian saja saja saya meluncur ke blognya mba Hesti buat intip resep warisan mamanya. Makasih ya mbak sdh mau sharing resepnya ke kita-kita.

Sebenarnya tangan sdh gatal pengen bikin dari minggu lalu, air daun pandanpun sdh disiapkan karna waktunya nggak ada baru minggu ini bisa bikinnya. Ternyata antara foto dan yang dibayangkan tidak jauh berbeda, kuenya lembut dan wangi.

Seharusnya diresep takarannya bahannya pake cangkir teh. Aku binggung jadi takaran yg ada aku pake cup buat kue. Hasilnya tetep enak kok. Mau liat resep aslinya liat disini.

Sedang yang aku tulis sudah aku sesuaikan bahan yang ada dirumah dengan cara pengerjaanku tanpa mengubah banyak resep aslinya

2015-04-12-18-57-28_deco

Bahan I

3 Btr telur

1 Cup Gula Pasir

1 Cup Santan kental

1 Cup Air + 1 Bh santan instan yg ukuran kecil

2 Cup tepung terigu

 

Bahan II

1 Cup Santan Kentan

1 Cup air pandan

1/2 Cup tepung Maizena

1/2 sdt garam

1/2 Cup gula (nggak pake takut kemanisan)

 

Bahan III

2 Cup Santan Kental

2 sdm gula pasir (saya nggak pake juga )

2 sdm terigu

1/2 sdt garam

 

Cara

  1. Bahan I. Kocok telur bersama gula sampai kental, turunkan kecepatan mixer masukkan terigu kocok rata, Masukkkan santan kocok rata. Sisihkan
  2. Campur semua bahan II lalu masak diatas api kecil sambil terus diaduk hingga mengental. Angkat

  3. Campur bahan 1 dan bahan 2 gunakan mixer sampai rata. Sisihkan

  4. Panaskan dandang untuk mengukus

  5. Bahan III 1 cup santan kental dimasak dengan terigu dan garam sampai kental. Angkat dari api aduk aduk sampai setengah dingin tuangi dengan sisanya santan. Biar saat menuang adonan putih ke adonan hijau hasilnya bisa bulat rata.

  6. Tuang adonan hijau kedalam cucing yang sdh diolesi pake minyak goreng (karna lupa naruh aku pake cucing buat teh). Lalu tengahnya tuangi dengan adonan santan. kukus lebih kurang+/- 7 sampai 10 menit tergantung besar kecilnya cucing. Dengan panas sedang

  7. Angkat dari kukusan rendam dengan air.

  8. kikis disekeliling cucing dengan menggunakan sendok atau pisau. lalu balik ditelapak. Karna tidak punya pisau tipis sekeliling kue ku jadi agak berantakan lah baru ngeh di kue2x terakhir cukup dikikis sedikit saja begitu terangkat langsung balik.

2015-04-12-18-49-06_deco   IMG_20150412_181531

 

 

EMPEK-EMPEK KAPAL SELAM

Jpeg

Punya stok daging ikan dikulkas agak lumayan banyak. Tadinya mau bikin otak-otak, sudah kebayang gurih dan nikmatnya otak-otak ikan yg diguyur dengan saus kacang. Bilang ke suami mau bikin itu eh dia malah bilang pengen dibuatkan empek-empek. Ya sudahlah istrinya ngalah aja, apalagi anak-anak juga doyan empek-empek.

Adonan sebenarnya sdh dibuat 2 hari yang lalu. Karna buru-buru harus ke toko adonan aku bungkus dulu dengan plastik wrap biar tidak mengeras lagi. Malemnya ada acara baru kemarin malam adonan ini bisa berubah wujud jadi empek-empek yg bisa dimakan he..he..he…

Baca lebih lanjut