SAMBAL GANJA

What’s? Bikin sambal ganja? yg bener aja.

Aku pikir bikin sambalnya menggunakan daun ganja beneran, ternyata oh ternyata diberi nama demikian mungkin karna rasanya yang bikin nagih. Begitu ngicip mau lagi dan lagi. Sambel ganja disebut juga sambel Aceh atau sambal udeung (udang)

Kenal sambal ini biasalah dari salah satu grup FB, begitu baca ngebayanginnya sampai ngiler-ngiler. Kok buatnya baru sekarang?..yah karna belimbing wuluhnya baru nemu tadi di pasar.

Beli Rp 1000 dapet 4 biji…itupun yg jual sambil mecucu..ah ibu ini baru tahap percobaan, nanti saya beli lagi kalo percobaan saya berhasil.

Udang yang saya pake udang rebon yg stok masih banyak dikulkas, daun jeruk dan serai tinggal metik di kebun atas. Resep tinggal mantengin HP….wes gampang banget hidup sekarang.

Rasanya sih kalo menurut saya uenaak spt sambel pencit. Karna hari ini nggak masak ikan atau ayam. Sambal ini saya makan dengan semur jengkol….ha..ha…agak maksa banget judulnya

SAMBAL GANJA

Bahan

3 siung bawang merah

10 bh cabe kecil

2 lb daun jeruk purut

2 batang serai

2 sdm udang rebon rendam dalam air lalu sangrai

4 bh belimbing wuluh

garam, penyedap jamur dan gula

 

Cara

  1. Udang digoreng dgn api kecil sampai garing
  2. Ulek bawang, cabai rawit, serai dan daun jeruk, udang
  3.  Masukkan belimbing wuluh ulek lagi, bumbui dengan gula, garam, dan penyedap