THAI GREEN CURRY

Akhirnya kesampaian juga bikin curry thailand yang kata orang-orang enak ini.

dsc02325

Bermula dari punya tanaman basil Thailand yang nggak ngerti mau digunakan untuk masak apa. Mulai deh pencarian di mesin google seperti biasa. Yang sering banget di kupas ya si curry ijo ini.

tmp_10708-17-02-23-07-05-24-017_deco-1770697909

Banyak yang bilang enak, sampai jadi penasaran untuk membuatnya. Tapi ya seperti lagu yang dulu-dulu keinginan selalu dibunuh dengan keenganan. Sampai suatu siang lagi nengok pohon cabe yang lagi cantik-cantiknya berbuah lebat  bikin ngiler tetangga kanan kiri, maklum  saat ini harga cabe nembus angka 140.000 perkg mengalahkan harga daging tumbang tertimpa tangga 😦

Sesal dan marah tidak berguna….lebih baik mewujudkan keinginan yg sdh lama terpendam cabe ijo kita bikin green curry toh nyaris semua bahannya ada dirumah dan beberapa tinggal ambil dari kebun sendiri serai, cabai, basil thailand, daun jeruk purut plus buahnya. Yang nggak ada cuma daun ketumbar, tapi bisa  beli di Supermarket dekat rumah.

Resep yang aku pake Green Currynya  Jemie Oliver sedikit disesuaikan dengan bahan yang ada.

 

THAI GREEN CURRY

2 Buah paha ayam ambil daging lalu potong kecil-kecil

6 bh jamur Champion

2 bks kelapa ambil santan

2 batang serai

6 lembar daun jeruk purut

1 bh jeruk purut

daun basil thailand

Bumbu halus

4 siung bawang putih

2 Siung bawang merah (aku pake 4)

1/2 sdt jintan

1 kerat jahe

1 pohon daun ketumbar berserta akarnya

5 bh cabe kecil iji

2 bh cabe Ijo besar

2 sdm saus ikan (aku nggak pake)

Cara

  1. Semua bahan bumbu aku haluskan pake blender
  2. Tumis ayam dan jamur dengan sedikit minyak sisihkan
  3. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk dan serai sampai wangi.
  4. Masukkan santan didihkan dengan api kecil, masukkan ayam dan jamur
  5. Bumbui garam dan penyedap jamur. Masukkan air jeruk purut beri daun Thai Basil. Hidangkan

 

 

dsc02319-copy

Iklan

KABOCHA SOUP

 

16-11-11-20-02-06-306_deco

Sudah pernah beli kabocha di swalayan entah mengapa di balik bentuknya yang cantik menurut saya rasanya  tidak terlalu suka. Tapi tetep saja penasaran karna banyak yang bilang enak.

Ketika September lalu pulang ke kampung mertua di Bandung pas jalan daerah Lembang banyak banget yang jual. Niatnya beli sih buat ngambil bijinya dan coba nanem sendiri…Tapi mau beli kok males berhentinya ya sudahlah dilewati saja.

Tuhan itu baik, dia mengerti setiap kebutuhan saya walau tidak diucapkan dia perhatikan termasuk masalah-masalah sepele spt ini. Balik dari liburan saya dioleh-olehi karyawan buah-buahan termasuk si orange ini. Disayang-sayang di eman-eman karna bentuknya yang cantik. Dipandangi dan di elus-elus siapa tau bisa berubah jadi emas…#ngayal.com

16-11-11-21-46-47-175_deco

Akhir oktober kemarin mertua sakit mesti ke Bandung lagi. Empat hari disana balik-balik kabocha saya mulai sedikit ditumbuhi jamur…..Huaa…efek kurang kasih sayang. Akhirnya dengan tega saya ambil pisau kres-kres buang si jamur, kumpulkan biji…potong-potong daging buahnya saya kukus untuk buat soup.

KABOCHA SOUP

Bahan

1 bh kabocha kecil

1/2 btr bawang bombay

2 siung bawang putih

1/2 liter susu

100 ml cream kental

garam secukupnya

cara

  1. Potong2 kabocha lalu kukus
  2. Tumis bawang bombay sampai agak layu masukkan bawang putih
  3. Blender kabocha, tumisan bawang, susu dan krim kental.
  4. Tuang dalam wajan dan hangatkan sebentar

 

16-11-11-19-55-29-898_deco

Daging tumis kucai

20161020_054713

Mungil cantik putih bersih tapi yang tercium hanyalah aroma bawang yang agak tajam.

Walau sdh berapa kali lihat di jual diwarung dekat rumah tidak pernah berniat membelinya. Kata si penjual enak untuk dimasak. Kok nggak tega ya.

p_20160922_062003_df

Sampai satu saat teman FB di Taiwan Phanie Khosasi posting daging dimasak kucai. pada bahannya disebutkan bunga kucai. Hmm jadi tergelitik untuk mencoba apalagi kucai di rumah lagi berbuga dengan lebatnya

20161020_054921

Daging cincang tumis kucai #taiwan food

By Phanie Khosasi

 

Bahan:

Daging sapi cincang,

bunga kucai,

kecap asin maggi,

gula,

garam,

tausi (semua bahan di sesuaikan dgn kebutuhan dan selera anda, sebab kalo pakai takaran, tak mungkin sesuai di lidah)

 

Cara :

panaskan myk, tumis b.putih hingga wangi, msk kan daging cincang, tumis sampe berubah warna, masukkan bumbu2, masukkan tausi, terakhir msk kan bunga kucai yg udah di potong2 kecil.

20161020_051305

 

SIOMAY UDANG

Ngamati FB sekarang nyaris seperti pinterest banyak yang bisa dibagikan mulai Video musik, lagu, tutorial  utk dekorasi rumah, kebun maupun resep.

Saya termasuk yang suka  ikut ngeshare hal-hal yang berbau masakkan. Dengan ngeshare berarti kita menyimpan di kronologis FBnya kita. Kapan prakeknya nggak jelas. he…he…

Tapi kali ini apa yg saya simpan ternyata bermanfaat juga. Pas lagi pengen makan siomay tinggal cari resepnya syukur banget ada videonya. Ngikuti step by stepnya gampang.  Begitu di rasa bahan ada dirumah langsung prakteknya. Hasilnya  enak walau bengkoang di sini saya skip karna nggak punya

DSC02188

SIOMAY UDANG

Recipe by Tjai Liem Hiong

Porsi 25 Potong

Bahan
250 gram paha ayam fillet, giling
250 gram udang, kupas dan potong kotak-kotak kecil
1 bengkuang, potong kotak-kotak kecil (saya nggak pake)
1 wortel lokal, potong kotak-kotak kecil
1 bawang bombay, potong kecil-kecil
3 batang daun bawang, potong kecil-kecil
1 sendok makan saus tiram
Gula cair
Kecap asin
1 sendok makan minyak wijen
Merica
250 gram tepung sagu tani
Adonan Kulit

Kulit pangsit
1 buah wortel lokal ukuran sedang, parut
1 putih telur, kocok

Saus: Aduk Rata
5 sendok makan cabai merah botolan cap Jempol
Cuka
Garam
Gula
Air

Caranya
1. Campur semua bahan kecuali tepung sagu tani, aduk rata. Tambahkan tepung sagu, aduk kembali hingga tercampur rata.
2. Ambil kulit pangsit, isi dengan campuran sagu tani, bungkus. Taburi parutan wortel di bagian atasnya. Lakukan hingga adonan habis.
3. Kukus dalam dandang panas di atas api kecil sampai adonan dan kulit pangsit berubah warna. Kukus sebentar lagi. Angkat.
4. Sajikan dengan saus.

Siomay

PEPES TONGKOL DAUN SINGKONG

DSC02130 copy

Makan pepes ini saat di rumah teman langsung suka.

Pepes ikannya beda dengan pepes ikan yang biasa saya makan. Nyaris nggak kelihatan ikan dan rasanya lembut tidak full rempah. Malah lebih menonjol aroma daun singkongnya. Karna saya pecinta daun singkong langsung klepek-klepek…

Dengan baik hatinya teman saya ini mau berbagi resep.

Mungkin karna resep jaman jadul, takarannya jadi pake kira-kira. Biasanya ini jurus saya, lah begitu eksekusi resep orang lain yang pake jurus kira-kira binggung juga saya. Hasilnya pepes saya kebanyakkan ikan ketimbang daun singkongnya ha…ha…ha… ya sudahlah yang penting rasanya enak.

Resep saya ini saya tulis berdasarkan eksperimen didapur saya hari ini. Next kalo bikin lagi daun singkongnya dibanyakin biar tidak condong seperti rasa otak-otak ikan.

PEPES TONGKOL DAUN SINGKONG

Resep by: Cynthia Dewi

 

Bahan:

1/2 kg ikan tongkol

2 ikat daun singkong/ Cari daun yang muda

5 btr telur ayam kocok

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

sekerat lengkuas

2 lembar daun salam

gula merah

garam

Cara

  • Ikan tongkol dikukus sampai matang lalu goreng sebentar.
  • Suwir dagingnya taruh dalam tempat terpisah
  • Daun singkong rebus sebentar dalam air yg sdh dibubuhi garam sedikit lalu tiriskan dan potong-potong
  • Bawang merah, bawang putih, lengkuas diulek halus
  • Tumis bumbu halus bersama daun salam, garam dan gula merah
  • Masukkan ikan dan daun singkong
  • Kalau dirasakan sudah pas matikan api
  • Setelah dingin masukkan kocokkan telur
  • Bungkus dengan daun lalu kukus

DSC02136

 

SAMBAL PETE

DSC02142 copy

Saya mah gitu orangnya, kalo makan ditempat teman enak dan masakan rumah mesti nodong resep. Untungnya teman-teman saya bukan orang yang pelit ilmu. Jadi dengan suka rela mereka akan berbagi rahasia dapurnya kesaya.

Dalam hal nanya resep saya juga punya etika. Nggak semua saya tanya apalagi kalo resep itu dipake buat berjualan. Bisa-bisa saya dimusuhin bertahun-tahun. Lain halnya jika membisikan resepnya kesaya dengan sukarela tanpa saya tanya, pasti saya terima dengan suka cita.

Salah satunya sambal pete ini. Saya lagi-lagi memperolehnya dari teman dan sudah praktek kesekian kalinya buat konsumsi keluarga sendiri. Suami dan anak-anak suka.

Saya tulis di sini biar nggak lupa berikut nara sumbernya karna saya menghargai kebaikkan hati mereka.

 

SAMBAL PETE

Resep by: Naomi Yahya

 

Bahan

segenggam cabe kecil buang tangkainya

3 siung bawang putih

1 buah tomat

2 papan pete

garam

gula merah

penyedap rasa jamur/ boleh diganti royco

Cara

  • Goreng cabe kecil dan bawang putih setengah matang lalu ulek halus
  • Tumis lagi cabe yang sdh dihaluskan dengan sedikit minyak.
  • Masukkan potongan tomat
  • Bumbui dengan garam,gula merah, dan penyedap rasa.
  • Masukkan air sedikit, masak sampai tomatnya hancur dan sambal mengental. Cicipi kalo sdh dirasa pas
  • masukkan mata pete, masak sebentar. Matikan api

 

DSC02149

KRECEK MASAK KECAP

DSC02126 copy

Suka makan krecek tapi nggak pernah masaknya. Jadi pas pingin makan ya beli. Dulu sih belinya sama teman. Krecek masak kecapnya empuk dan nikmat. Sayangnya teman saya ini pindah ke Surabaya. Nggak etislah kalo saya nanya resepnya sama dia, wong itu jualannya.

Pernah nyoba beli masakkan adenya nggak semantap rasa masakkan si kakak.

Sampai akhirnya saya pindah tempat tinggal, lokasi pasar yang saya datangi otomatis juga pindah.

Didagang ikan saya lihat ada jual krecek siap olah. Weleh-weleh nggak nyambung banget jualannya. Mestinya krecek yang merupakan hasil akhir pemotongan sapi bukannya ada di penjual daging sapi tapi malah dipenjual ikan.

Kemarin saya memberanikan diri membeli sebungkus. Pikir saya nanti malamnya saya bertanya pada teman yg jago masak cara mengolahnya. Jawabannya ternyata dia sama seperti saya tidak pernah mengolah si kulit sapi ini.

Buka-buka mbah gogle sekalian pake penerawangan akhirnya saya putuskan untuk eksekusinya saya gunakan cara saya.

Bahan saya pegang-pegang, saya cium-cium takut ada ada bau yg aneh. Saya putuskan bisa langsung diolah tanpa perlu direbus lagi hanya perlu dicuci.

Trada hasilnya tidak mengecewakan.

KRECEK MASAK KECAP

bahan:

1/2 kg Krecek

5  siung bawang merah iris

3 siung bawang putih iris

3 bh cabe kecil iris

1 bh cabe merah besar iris

3 sdm kecap

lengkuas (agak lebih banyak 2 kerat) geprek

1/2 gelas air

2 lbr daun salam

garam

gula

Cara

  • Tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan daun salam dengan sedikit minyak goreng sampai wangi
  • Masukkan krecek yang sdh dipotong-potong
  • Tuangi kecap aduk rata lalu tuang air. Biarkan sampai airnya meresap lalu masukkan cabe dan lombok kecil.
  • Bumbui dengan garam dan gula. Masak sebentar icipi apakah rasanya sdh pas
  • Sajikan