ES JERUK DGN KIAM BOI

tmp_13163-17-06-10-23-43-11-437_deco1817895495

Lihat blognya kak. Ita masam Manis selama bulan puasa pasti kelihatan nikmat. Posting tentang minuman berbukanya tampak segar.

Salah satu minuman yg ingin coba dibuat terinspirasi dari sana adalah es jeruk menggunakan kiam boi.

Kiam boi merupakan manisan buah plum dari China. Di pasar kita dapat menjumpai 2 warna, merah dan putih. Stok yg ada di kulkas kebetulan berwarna putih. Tersimpan rapi sudah sekian lama.

Waktu masih muda 1 bungkus kiam boi bisa habis dalam beberapa hari. Sejak maag kambuh sampai sesak gara gara mengkonsumsi manisan ini. Makannya jadi lebih dibatasi.

Kebetulan sekarang jeruk melimpah dipasaran dengan harga murah. Beli 2 kg jeruk dan terpikir utk membuat es jeruk dgn manisan ini..Kalo kak Ita menggunakan jeruk Kesturi, saya mencoba mengantinya dengan jenis jeruk yg ada. Rasanya jadi rame seperti nano nano manis,asem, asin.

ES JERUK KIAM BOI

Bahan

8 Bh kiam boi

100 gr gula

50 ml air

350 ml air jeruk

Air

ES

cara

  1. Rebus kiam boi dgn gula dan 50 ml air sampai gula larut.
  2. Diamkan sampai dingin lalu masukkan perasan jeruk
  3. Tambah air dan es batu sesuai selera. Sajikan

tmp_13163-17-06-10-23-57-24-287_deco1844511467

KACANG KUAH/ CHINESE SWEET PEANUT SOUP

DSC02196

Kacang kuah merupakan salah satu hidang favorit saya di masa kecil. Aromanya perpaduan kacang daun pandan dan jahe.Dimakan selagi masih panas bersama cakue.

Kacang Kuah ini atau biasa disebut Chinese Sweet Peanut  ini biasanya diberikan pada akhir makan malam oleh restoran. Hal ini juga dapat disajikan di pesta pernikahan Cina. Peanuts: Simbolisme dari kacang (花生; Huasheng) – kesehatan, umur panjang, kelahiran kemakmuran, pertumbuhan yang berkelanjutan, perkalian dalam kekayaan dan keberuntungan, stabilitas.

Di Bali masih belum ketemu yang jual, terakhir saya menikmatinya 3 tahun yang lalu saat pulang ke Bandung kampung halaman suami.

Nah biar si kacang bisa lumer di mulut masaknya mesti lama atau kalo mau cepat pake panci Presto. Kebetulan magic com saya yg baru ada slow cookernya jadi sekalian nyoba.

 

KACANG KUAH

 

bahan

250 gr kacang tanah kupas

3 lbr daun pandan

1 ruas jahe

gula

2.5 liter air

 

Cara

Cuci kacang tanah

Tempatkan pada mangkok magic com

Masukkan daun pandan, jahe dan air. Tekan tombol slow cooker dan pilih waktu memasak. Saya 8 jam

Setelah empuk baru masukkan gula. Jumlah gula yg dimasukkan sesuai selera kita masing-masing. Masukkan sedikit demi sedikit dulu sambil dicicip apakah tingkat kemanisannya sesuai dengan yg kita inginkan.

Makan bersama Cakue sangat dianjurkan karna kombinasi yg pas antara manisnya kuah kacang dan gurihnya cakue.

DSC02195

 

 

GREEN TEA BALL IN TEA

12039639_894002174014927_2281857694245671471_n

Masih semangat nih sama yang namanya Singkong. Ternyata banyak  hal yang bisa dikreasikan bersama singkong. Setelah kemarin sempat hanya jadi pemain figuran alias cuma pendamping soto, Kali ini mau dibuat sebagai pemeran utama bersama  teh.

2015-10-06-07-44-24_deco

Inspirasi awalnya dari blog mba Hesti Kolak bola singkong. Tapi aku bikin jauh dari rasa kolak karna kuahnya pake teh yang diseduh pekat lalu campur dengan susu kental manis, seperti teh tarik. Sedang bola Singkongnya di tambahkan dengan macha powder.

2015-10-06-07-42-38_deco

GREEN TEA BALL IN TEA

 

Bahan

250 gr singkong kukus haluskan

100 gr tepung kanji

100 ml air panas

2 sdm makan gula pasir

1 sdm macha powder/ Green tea bubuk

 

Bahan pelengkap

1/2 bungkus sagu mutiara

 

Bahan Kuah

2 kantong teh

200 ml air mendidih

50 ml susu evaporasi

3 sdm susu kental manis

 

Cara

  1. Rebus air bersama gula hingga mendidih.
  2. Campur singkong kukus yang sudah dihaluskan bersama tepung kanji dan green tea bubuk. Remas-remas hingga tercampur rata.
  3. Tuangi dengan air gula panas sedikit demi sedikit hingga adonan bisa dipulung.
  4. Bikin bulatan Sisihkan
  5. Rebus air sampai mendidih. Maukkan bulatan singkong masak hingga mengapung. Angkat siram dengan air dingin. Sisihkan
  6. Rebus sagu mutiara sampai berubah bening.
  7. Seduh teh dengan air mendidih sampai pekat. Angkat kantong masukkan susu evaporasi dan susu kental manis.
  8. Masukkan bola singkong dan mutiaranya.

2015-10-06-07-45-15_deco

 

 

WEDANG JAMUR PUTIH BIJI TERATAI

2015-08-21-08-16-47_deco[1]

Dirumah kebetulan masih ada sedikit jamur putih. kali ini saya pingin ngolah jadi minuman yg menyehatkan.Mirip-mirip minuman Singapore Cheng Teng yang isinya mengunakan jamur putih, biji teratai dan kurma merah. Saya buatnya disesuai dengan bahan yang ada di dapur saya

Karna saya yang dibesarkan dalam keluarga peranakkan yang agak totok, kebetulan nenek tercinta saya import langsung dari negara tirai bambu he…he….jadi sudah terbiasa dengan aroma jamur es putih ini, kata saya sih wangi. Tapi suami kurang begitu suka dengan baunya. Sebagai solusinya jamur ini setelah saya rendam air baru saya rebus dengan daun pandan. Diminum bersama air alang-alang jahe.

2015-08-21-08-15-38_deco[1]

Bahan

1 buah jamur es putih rendam sampai mekar

2 bh jamur kuping rendam

20 bh biji teratai buang tengahnya

1 sdm goji beri

10 bh kurma china

1 ikat akar alang -alang

sekerat jahe merah

Gula batu secukupnya

Daun pandan

 

Cara

  1. Rebus/ tim jamur kuping dan jamur es bersama daun pandan
  2. Rebus akar alang-alang bersama jahe, gula batu dan biji teratai.Rebus sampai biji teratai empuk
  3. Masukkan goji beri dan kurma china. Begitu mendidih matikan api
  4. Taruh jamur es yg sdh dibelah-belah dan irisan jamur kuping. Beri kurma, goji beri dan biji teratai. Siram dengan kuah jahe

KOLAK CAMPUR

Sudah lama nggak bikin kolak sendiri. Kebetulan hari minggu nggak kemana-mana. Ke gereja rencananya entaran sore saja.

Jujur saya lebih suka bikin kolak mengunakan gula biasa bukan gula merah. Campuran santan dan gula merah kadang suka bikin lidah saya seperti di kilik-kilik. Tapi karna tetangga depan ngasih gula merah dari kupang lumayan banyak ya sudahlah kita gunakan saja. Apalagi menurut yang pernah saya baca, penggunaan gula merah jauh lebih sehat ketimbang mengunakan gula pasir biasa.

Kenapa saya sebut kolak campur karna kolaknya tidak hanya menggunakan pisang saja, Tapi saya gunakan ubi ungu, labu dan nangka

2015-08-25-07-31-01_deco[1]

 

KOLAK CAMPUR

 

Bahan:

10 bh Pisang kepok

1/2 kg Ubi Ungu

1/4 buah Labu

15 biji mata Nangka iris slbr 1 cm

1.5 lt Santan

Daun pandan

200 gr gula Merah

1 sdt garam

 

Cara

  1. Kukus Labu, Ubi dan pisang kepok dalam dandang
  2. Rebus santan bersama gula, garam dan daun pandan dengan api kecil sambil diaduk agar santan tidak pecah. Begitu mendidih matikan api. Cicipi bila kurang manis bisa ditambahan gula merah ataupun gula pasir.
  3. Taruh dalam mangkuk irisan pisang yg sudh dikukus, potongan labu, potongan nangka dan potongan ubi. Siram dengan kuah santan

JUICE TERONG BELANDA

2015-07-11-09-06-29_deco[1]

Sudah lama nggak punya pembantu. Terakhir punya kalo tidak salah 8 tahun yang lalu. Memang sih rumah agak sedikit lebih berantakkan tapi aku enjoy.Nggak bingung makannya, nggak bingung jaga anak orang. Lah kalo masih muda kan maunya pacaran sdh gitu ijin pergi-pergi kadang susah diomongin. Mau ngomel nggak bisa lah bukan enyaknya. Mau naruh uang sembarangan juga nggak takut ilang yang lebih penting lagi isi rumah nggak ember kemana-mana (tetangga bisa update kehidupan pribadi kita).

Tugas rumah masih bisa di kerjakan sama-sama, apalagi sekarang anak-anak sudah menginjak remaja setidak-tidaknya untuk urusan nyapu, ngepel dan cuci piring aku sudah dibantu mereka.

Masak masih di handle emaknya walau sekarang sering dibantu warung makan hee..he…he..

Urusan setrika pakaian tugas si bapak. Walau kadang  seabreg kerjaan jadi nggak sempat dikerjakan.  Ujung-ujungnya si emak juga yg harus turun tangan.

Seperti hari ini aku mesti menyelesaikan setrikan 4 baskom besar. Tugas jaga toko setengah hari sementara dilimpahkan ke si sulung yg lagi libur sekolah. Lumayan sih dari jam 1 siang baru selesai jam setengah delapan malam. Aau..auu rasanya pinggangku mau copot. Tapi tak apalah yg penting kerjaan  kelar.

Selama itu bukan berarti aku terus-terusan berkutat dengan pakaian, masih sempat istirahat setengah jam, masih sempat masak soto bandung buat makan malam, plus bikin juice terong belanda.

Taunya  terong belanda ya sejak tinggal di Bali. Di Kalimantan ada juga sih di rumah makan Padang tapi entah kenapa saat itu malas nyoba.

Saat pertama kali bikin Juice ini rasanya nggak karuan, pahit,  asam, manis mending juga jd kaya permen nano-nano enak. Ini rasanya aneh poll…Yang bikin heran orang-orang kok pada doyan. Coba beli juicenya. Ternyata enak…rasanya seger memper-memper strawberylah. Ngliat cara pembuatannya. ternyata isi buahnya dikeruk pake sendok lalu di blender. Ualah jelas aja juiceku pahit, lah aku blendernya sekulit-kulitnya…..

But now sudah ngerti cara buat mending bikin sendiri. Jauh lebih ekonomis.

 

JUICE TERONG BELANDA

sumber: pengalaman sendiri 🙂

 

Bahan

1/2 kg terong belanda

1/2 lt susu UHT

1/4 cup gula pasir

1 cup es batu

Cara

  1. Keruk isi pake sendok. Taruh osi buah taruh dalam blender
  2. Masukkan susu UHT setengah. Belender sampai halus.

  3. Masukkan setengah bagian lagi susu UHT, plus gula dan es batu

 

Cukup utk 4 gelas

 

2015-07-11-09-05-10_deco[1]

 

 

 

ES BLEWAH DGN SYRUP KEMBANG TELANG

2015-06-26-09-56-04_deco[1]

Sejak anak-anak menyukai Nam Dok Ancan minuman khas Thailand yang aku buat kemarin. Aku bikin syrup kembang telang agak banyakan biar nggak usah bolak balik buat  .

Kebetulan di bulan puasa ini banyak yang jual blewah dan kolang kaling. Coba-coba aku campurankan dgn syrup ini ternyata nyambung tuh.

2015-06-26-09-58-04_deco[1]

 

Bahan

syrup kembang telang

biji selasih rendam air panas

kolang kaling rebus sebentar dengan daun pandan

blewah keraok panjang

jeruk nipis ambil airnya

es batu secukupnya

Air

Cara

Satukan semua bahan dalam satu wadah. Taruh dalam dalam gelas beri potongan es batu

 

2015-06-26-09-53-53_deco[1]