CORN MILK/ SUSU JAGUNG

tmp_8417-17-07-09-09-30-36-542_deco230432875

Beli jagung 30 biji rencana buat bakar jagung di acara kemping kemarin. Apalah daya setelah di bakar jagung yg saya beli ternyata ketuaan dan nggak cocok di buat jagung bakar. Kerasnya bukan main bisa bikin gigi copot apalagi jenis jagung yang saya beli bukan jagung manis

Teman-teman saya tawari nggak ada yg mau bawa pulang. Dibuang kok ya sayang..alhasil saya membawa lumayan banyak jagung ke rumah.

Mulai deh mutar otak, jagung keras sebanyak itu mau dibuat apa. Yang terpikir awal bikin nasi jagung. Sambil membersihkan dan membuang kulitnya tiba-tiba terlintas bikin susu jagung seperti yg beberapa tahun lalu pernah saya baca di salah satu blog.

Mulai coba hunting resep di pinterest, nggak nemu. Balik lagi nyari pake google ternyata banyak.

Rata-rata resep yang saya baca menggunakan jagung manis. Karna niatnya memanfaatkan sisa jagung yg ada,  saya pakai jagung biasa.

Diawal pembuatan air matang yg digunakan hanya 1.050 cc. Saat susu mulai mendidih tampak agak mengental seperti bubur. Akhirnya saya tambahkan lagi 350 cc air matang.

 

tmp_8417-17-07-09-09-39-35-519_deco728085023

 

CORN MILK

Bahan

6 bh jagung

1400 ml air

1 Cup susu bubuk

Gula sesuai selera

Sejumput garam

1 Bh kayu manis

4 Bh kapulaga india

 

Cara

  1. Pipil Jagung lalu diblender dengan sebagian air dan disaring
  2. Masukkan sari jagung, air, susu, kayu manis, kapulaga, gula dan sedikit garam dalam panci.
  3. Rebus dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih
  4. Angkat sajikan hangat

tmp_8417-17-07-09-09-32-11-301_deco1816636091

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s