SAMBAL ROA

Perkenalan pertama saya dengan sambal Roa ini di salah satu restoran Menado yang ada di Denpasar.

Sambal Roa adalah sambal yang terbuat dari daging ikan Roa. Dari beberapa artikel yang saya baca ikan ini termasuk ikan yang sudah mulai langka. Ukurannya sendiri tidaklah telalu besar dan memiliki cucuk yang runcing di ujung mulutnya.

Begitu sambal Roa disajikan saya takjub dengan ukurannya sepiring kecil yah kalo di sendok mungkin hanya satu atau dua sendok makan dengan harga 40 rb. Sayangnya harga segitu tidak diimbangi dengan rasa yang enak…Daging ikan sekeras kayu menusuk-nusuk gusi saat dikunyah, mengahabiskannya sungguh memerlukan perjuangan bahkan sebagian mendarat di tong sampah.

Kemarin selesai mengomentari foto temen di Fb yang habis liburan dari Menado, saya langsung di telphone. Dalam hati jangan-jangan dia kepencet nomer HP saya. Di angkat ternyata saya mau dikasih oleh-oleh ikan Roa sudah diasap tapi belum diolah plus ikan Cakalang.

Jujur masih agak trauma dengan perkenalan pertama. Tapi agak-agak penasaran dengan cerita yg beredar tentang kenikmatannya. Penasaran juga dengan cara pembuatannya.

Akhirnya bertanyalah bumbu yg biasa dipakai teman saya dalam membuat sambalnya ditambah dengan gogling di internet.

Sempat bingung juga sih karna yg saya baca ikan semungil itu kulitnya mesti dikupas dulu. Bayangan saya pasti susah ngupasnya…au…au ternyata enggak tuh. Kulit ikan Roa yang sdh diasap akan membuat lapisan kulit tipisnya menjadi gampang untuk dilepas.

Oh iya dari internet juga saya baru tau ikan ini tidak boleh dimandikan….bukan karna dia kafir 🙂 tapiiii karna dengan mencuci ikan akan membuat daging ikan keras untuk diolah…

Hasilnya pagi ini saya sarapan dengan telur dan sambal Roa saudara-saudara….Rasanya beneran enak, tekturnya seperti abon (jelas wong daging ikan diblender) dengan sedikit bau pengasapan. Awalnya saya pikir suami nggak doyan…loh ternyata nambah lagi makannya.

Makasih bu Maya yg sdh mau membawakan ikan Roa dan memberikan tantangan ke saya untuk mengolahnya.

PR selanjutnya mengolah daging ikan cakalang asap…..hmmmm berhasil nggak ya, kita lihat saja nanti.

SAMBAL ROA

ikan Roa

bawang merah

Cabe rawit

garam
Cara mengolah

  1. Bersihkan ikan dari kulit yg menempel, buang kepala dan tulang
  2. Goreng dalam minyak panas sebentar lalu tumbuk halus atau dibelender
  3. Iris bawang merah, goreng sampai kuning. Masukkan cabai rawit
  4. Tuang sedikit minyak kepenggorengan masukkan daging ikan, bawang merah dan cabai
  5. Selesai….tinggal makan nasi panas 🙂

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s