BISKUIT ULAT BULU

Mau bikin kue kering buat natalan tahun ini kok ya berasa banget malesnya. Padahal udah buka-buka resep.

Karna ilham nggak dapert-dapet, maunya sih beli saja.  Kemarin pas kencan dengan suami ke mal tekadnya sudah bulat untuk Natalan tahun ini kuenya beli. Begitu nyamperin toko kue dan lihat harganya rencana langsung dibatalkan. Moso harga untuk setoples kecil kue kering mendekati seratus ribu. Ada sih yang murah tapi takut rasanya nggak jelas.

Yang terbaik ya buat sendiri, bahannya kan kita juga pake yang premium. Lagian toh cuma bikin kue kering…. kecil, tingkat kegagalannya jarang terjadi.

Akhirnya pilihan kue saya jatuhkan pada biskuit ulat bulu yg sudah lama bertebaran di med sos teman2 dari negri Jiran Malaysia. Suka warna ijonya dan bentuknya yg cantik. Smua bahan disiapkan sampai pasta pandannya pun khusus saya beli untuk bikin biskuit ini.

Lah tapi ternyata kenyataan tidak sama seperti yang dibayangkan, mungkin karna saya terlalu menyepelekan…beberapa kue saya bahasa Indonesia kerennya bledos, meledak dengan sukses selama masih dipanggang. Entah salah dimananya, mungkin karna saya terlalu banyak berekperimen dgn bahan….nyaris putus asa wong saya bikinnya sedikit. Akhirnya kue saya panggang dengan api kecil. Jadinya setengah cantik dan setengahnya lagi buruk rupa. Rasanya sih menurut saya lumayan karna pake perjuangan dan doa he…he…

tmp_19477-16-12-28-05-38-49-527_deco1553670162

Biskuit Ulat Bulu

Bahan-bahan :

300 gr tepung terigu

150 gr tepung maizena (saya ganti tepung kanji)

50 gr susu tepung( karna nggak ada saya nggak pake)

180 gr minyak sapi (butter)

100 gr margarin

100 gm gula icing

Pasta pandan hijau

Buah kurma yg dipotong memanjang, lebih kurang 6 irisan drpd 1 biji buah kurma (saya ganti kismis)

Castor sugar (Hiasan..tabur diatas biskut)

Cara

  1. Kocok mentega dan gula sampai tercampur rata
  2. Masukkan tepung dan pasta  pandan
  3. Ambil adonan bentuk bulat masukkan isian lalu bentuk lonjong
  4. atasnya tekan secara perlahan dengan garpu
  5. Panggang dalam api kecil selama 1 jam
  6. Selagi masih panas taburi dengan gula pasir
Iklan

MANISAN KULIT JERUK

tmp_29144-16-12-05-18-27-00-548_deco1484847309

Sudah dari beberapa tahun yang lalu melihat cara pembuatan manisan kulit jeruk berseliweran di medsos saya dan beberapa Tv chanel memasak. Rasanya kok males membuatnya, bayangan saya rasanya bakal pahit dan sedikit getir agak manis gimana gitu. Duh ogah banget…mending juga jadi bahan kompos.

Beberapa bulan yang lalu di ajak suami ngedate makan ronde pinggir jalan. Tempatnya kecil bersih, tapi jangan salah varian rasa yang dijual nggak seperti kebanyakan ronde pinggir jalan. Kami memilih white and black ronde yang di recomen pedagangnya dan ronde coklat. Dua-duanya enak, yang white and black ketika digigit langsung tercium aroma wijen hitam bercampur butter. Sedang yang coklat sensasi rasanya perpaduan coklat dan aroma jeruk yang nikmat.

Dapat bocoran dari penjualnya jika isian coklatnya dicampur manisan kulit jeruk buatan sendiri. Malah menurut dia kadang beli sunkist berkilo-kilo hanya untuk diambil kulitnya untuk dibuat manisan. What?….Saya langsung garuk-garuk kepala yang tiba-tiba berasa gatal. Kulit jeruk yg saya buang-buang ternyata rasanya bisa seenak itu.

Kebenaran ada acara natalan bersama teman-teman Sabtu lalu. Masing-masing keluarga membawa potluck untuk dimakan bersama. Saya buat udang jeruk kesukaan suami….sdh bisa dipastikan kali ini saya memiliki limbah kulit jeruk. Buang tempat sampah he…he…tidak lagi setelah saya tau rasanya bisa senikmat itu.

tmp_29144-16-12-05-18-18-48-129_deco1652786102

MANISAN KULIT JERUK

Bahan

3 buah jeruk sunkist diambil kulitnya

3 cup gula

1 cup air

gula untuk taburan

Cara

  1. Cuci bersih kulit jeruk lalu tiriskan
  2. Buang sponge putih yang ada dibawah kulit jeruk, caranya balik kulit jeruk dengan posisi sponge putih menghadap keatas, tekan lalu iris diantara sponge putih dan permukaan kulit jeruk
  3. Didihkan air, rebus kulit jeruk sebentar 5-10 menit buang airnya
  4. Taruh 1 cup air di panci, masukkan gula didihkan sampai gula mencair dan agak berserabut. Masukkan kulit jeruk didihkan sampai gula mengental dan tiriskan
  5. Sebar kulit jeruk diatas permukaan wadah, angin-anginkan sampai setengah kering beri taburan gula pasir. Diamkan dalam wadah terbuka dalam kulkas selama sehari sampai kering
  6. Kulit jeruk siap disantap atau untuk bahan campuran

tmp_29144-16-12-05-18-17-42-553_deco2091178708

LEMON BALM

Lemon Balm atau bahasa ilmiahnya Melissa officinalis  masih merupakan keluarga dekat dengan mint merupakan tanaman Eropa, Iran dan Asia Tengah yang menyebar ke Amerika dan beberapa negara lainnya.

Saat mengunyah daunnya yg tercium adalah perpaduan aroma lemon dan mint yang nikmat. Tidak salah apabila banyak di gunakan dalam campuran teh dan salad.

Karna yang saya dapatkan satu pot dengan kondisi tanaman sudah sehat dan bagus yg saya lakukan adalah cuma tinggal merawat dan memperbanyaknnya seperti biasa. Jaga-jaga kalo tanaman yang satu mati saya masih punya cadangannya.

tmp_1200-p_20161202_074740_vhdr_on-1290182462

Dari beberapa artikel yang saya baca tanaman ini kaya akan antioksidan. Merupakan bahan populer dalam produk anti penuaan dan supplement makanan.

Mau awet muda mungkin saatnya mambahkan lemon balm ini kedalam salad anda ha…ha….

Tapi saya tertarik untuk memasukkannya kedalam campuran cookies saya. Mumpung menjelang natal saatnya hunting resep dan bereksperimen dgn kue kering.