JATI LUWIH

img-20161126-wa0024

Sekian tahun tinggal di Bali, ke Jati Luwih yang terkenal keindahan terasiringnya sampai manca negara baru sekarang hu…kacian banget.

img-20161126-wa0022

Kesananya tidak direncanakan, wong lagi ngademin badan mau mandi karna habis senam udah gitu mau lanjut kerja..tau2x hp berdering dapat telp dari ade

“Ce, aku mau ke Jati Luwih ketempat customerku yg jual herbs lu mau ikut nggak?”

Nggak pake mikir panjang lagi..langsung ho oh aja. Kerjaan bisa ditunda sampai Senin he…he..

Janjinya jam 09.00, yang jemput baru munculnya baru 10.15..Tepok jidat..Namanya nunut dan sudah di ajakin saya mah cuma bisa pasrah wae.

Setelah sekian jam perjalan karna mampir dulu nganter barang dan tanya-tanya lokasi,akhirnya nyampe juga. Ternyata ade sayapun belum pernah kesini. Untungnya tinggal dikampung walau lokasinya besar semua saling mengenal jadi tidak susah nyarinya.

Basa basi sebentar di rumah si bapak yg punya kebun sambil nyulik se pot tyme plus lemon balmnya kita meluncur ke kebun herbnya. Kebunnya sih nggak terlalu jauh.

Begitu pintu mobil dibuka wow…amasing…indah seperti berasa diatas awan.Memandang rumah2 yg nampak spt rumah kurcaci dari ketinggian dikelilingi pegunungan dan diselimuti awan tipis..kerennn.

Kita juga di sambut sekumpulan ibu-ibu yg asyik membersihkan hasil panenan dan istri pemilik kebun dengan ramah

img-20161126-wa0020

Kebunnya jauh dari bayangan saya. Saya pikir herbsnya tertata dalam pot-pot mungil, diatur serapi mungkin. Sayurnya sih memang di tanam seragam. Namun seakan cuma dirawat sekenanya dan untuk menghindari hama dan hujan yg merusak,tanaman di tutupi kubah plastik.

img-20161126-wa0019

Untuk pembibitan dilakukan dalam buluh bambu yang sengaja belah dua dan di isi tanah lalu disebar biji bakal bibit..Beberapa malah tampak mengalami etolasi kurus tinggi dan menjulang.

p_20161126_132355_vhdr_on

Anehnya dgn perlakukan begitu hasilnya tetap bisa gede dan subur.Tyme,oregano dan beberapa herbs tumbuh bak tanaman liar merambat kemana mana memenuhi bedengan tanah.

p_20161126_130909_vhdr_on p_20161126_130520_vhdr_on p_20161126_130827_vhdr_on

Ibu  pemilik kebun dengan sabar menjawab pertanyaan kita. Duh senangnya…Dengan semangat saya ngicip setiap daun herbnya baru yg dijumpai…Rasanya kadang seperti obat pahit getir dengan bau yg tidak pernah saya kenal. Yang terakhir nyoba satu daun yg bisa dipake rujak lupa namanya, rasanya seperti mangga muda kecut tp nikmat.img-20161126-wa0021

Saking baiknya si ibu pulang pun bibit herb dan sayur yg niatnya kita beli semua diberikan gratis. Ditambah sekantung besar Sawi dan Wortel.Ah ibu kami jadi nggak enak hati sdh ngerepotin masih dibekalin pula.

fb_img_1480159617558

Sebelum pulang oleh pak Trisna nama pemilik kebun kami diantar ke spot terbaik lokasi obyek wisata terasiring di Jati Luwih yg terkenal.Dan baru tau juga disana sdh disediakan rute bagi yg gemar trekking. Next mau nyobain, waktunya entah kapan 🙂

fb_img_1480159576397

Walau cuaca mendung pemandangannya tetap ciamik…Bali memang tak salah jika disebut pulau Surga.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s