CHERRY TOMOTOES

16-11-15-11-01-40-356_deco

Saya paling jarang beli bibit kecuali bibit sayuran.

Pohon cabe, tomat, daun bawang, melon, srikaya, markisa, delima, jeruk lemon semua saya peroleh dari buah yang saya makan. Niat bangetkan

Keuntungan yang didapet ya hemat uanglah he…he… kerugiannya kalaupun bisa dibilang rugi kadang buah yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang saya makan pertama. Kadang jelek kadang  bagus tergantung kebruntungan saya saat menanam.

Berdasarkan pengalaman menanam tomat cherry yang sudah bolak balik saya lakukan adalah tomat yang dihasilkan rata-rata nyaris tanpa biji walaupun untuk itu saya tidak bisa menggandakan lagi kecuali panggil kyai Kanjeng Taat. So far lumayan lah. Apalagi tomat yang ditanam sendiri menurut saya jauh lebih manis ketimbang beli maklum terpengaruh oleh yang nanem wkkkkwk…. (dilarang sirik 🙂 )

Sayangnya saya menanam di musim penghujan. Buah tomat yang dihasilkan kadang pecah dipohon dan beberapa dalam buahnya menghitam malah sebagian ada yang busuk. Belum lagi serangan si kutu putih yang menjadi-jadi. Hmm jadi faham kenapa saat hujan tomat yang biasanya murah jadi melonjak beberapa kali lipat.

 

16-11-15-09-55-27-734_deco

Tinggalkan Balasan

