TRIPLE MOUSE CAKE

Sejak ikut KBB rasanya baru kali ini saya melewatkan tantangannya….Banyak kerjaan itu sih alesan yang dibuat -buat, jujur saja saya  lagi males. Semangat yang mengebu-gebu setiap terima surcin lagi tertiup angin.

Sampai dua hari yang lalu si sulung dengan wajah yang melas minta saya membuatkan kue ulang tahun buat sang kekasih.

“No money ma, bulan ini koko lagi bokek. Please ya.”

Maunya ngejawab belum bisa cari duit sendiri kok sudah pacaran. Tapi saya pikir itu bukan jawaban yang bijaksana, Entar ujung-ujungnya jika ada masalah malah nggak mau cerita lagi ke saya. Ya sudahlah saya buatkan sambil bilang dalam hati kecil pacar ni anak kalo batal jadi mantu gw rugi haha…ha becanda.

Surcin dibaca, lihat review dari teman-teman yang sudah buat. Kemarin pulang kerja langsung eksekusi.

Ketika bahan sudah saya siapkan baru nyadar bikin cakenya nggak pake tepung….Bikin cake nggak pake telur sdh pernah yang ini nggak pake tepung, hmmmmm kira-kira bisa nggak ya? Wes percayalah dengan admin. Ternyata bisa walaupun mengembang akhirnya karna tidak ada tepung sebagai pengokohnya ya menciut kembali (untung sdh di inpooh diresep)

Sedang untuk pengerjaan mousesnya tidak ada kendala yang berarti. Cara melarutkan gelatin bubuk, tuang air dulu dam wadah baru taburi bubuk gelatin jangan sebaliknya.. Kalo gelatine belum larut sepenuhnya, wadah taruh, ditaruh lagi diwadah lain yg berisi air yang berisi air panas biar gelatine larut semua dan tidak mengumpal.Tips ini saya dapat saat ikut demo bikin panacota.

Untuk White mouse pengerjaannya saya balik, choclate saya tim sampai setengah cair. Angkat dari kompor aduk-aduk sampai coklat mencair semua baru tuang whipy cream 1/3 bagian. Masukkan gelatin. Aduk sampai rata baru masukkan Whippy cream kocok.

img_20160927_2035391

Triple Chocolate Mousse Cake

Recipe by OMGChocolateDesserts.com

Bahan:

Cake

10 oz.               semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (pake 170 gr)

4 bh                 telur, suhu ruang

1/3 cup             gula pasir

¼ sdt                garam

1 sdt                ekstrak vanili

½ cup               butter, softened pada suhu ruang

Lapisan Chocolate Mousse

10 oz.               semisweet chocolate berkualitas tinggi, cincang (170gr)

1 ½ cups          heavy whipping cream

1 sdt                unflavored gelatin

2 sdm              air dingin

Lapisan White Chocolate Mousse

7 oz.                 white chocolate berkualitas tinggi, cincang (170gr)

1 ½ cups          heavy whipping cream

1 sdt                unflavored gelatin

1 sdm              air dingin

Langkah Kerja:

Cake:

1.      Panaskan oven 350o F. Olesi loyang bongkar pasang (springform) ukuran 9-10 inch dan lapisi bagian dasar loyang dengan parchment paper. Cake akan dipanggang dalam waterbath (au bain marie) agar bagian pinggir cake tidak kering (bungkus bagian luar loyang dengan 2 lapis aluminium foil dan tempatkan dalam panci besar yang telah berisi air panas).

2.      Lelehkan 10 oz. semisweet chocolate berkualitas tinggi pada panas rendah pada double boiler atau microwave.

3.      Tempatkan putih telur dalam mangkuk besar dan sepertiga bagian gula pasir, kocok dengan kecepatan rendah. Secara bertahap, tingkatkan kecepatan dan teruskan mengocok hingga fluffy, kemudian tambahkan sisa gula, garam dan vanili. Teruskan mengocok hingga semua gula larut dan berbentuk meringue mengkilap (hampir soft peak).

4.      Menggunakan whisk, campur mentega ke dalam cokelat leleh hingga tercampur, lalu tambahkan kuning telur. Tambahkan separuh bagian meringue ke dalam adonan coklat dan aduk perlahan, lalu tambahkan meringue yang tersisa dengan spatula (perlu diingat untuk juga mengaduk (fold) adonan yang tertinggal di dasar mangkuk).

5.      Tuang adonan ke dalam loyang, panggang 26-28 menit (hingga tes tusuk gigi menunjukkan bagian tengah kue matang).

6.      Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin ke suhu kamar, dinginkan di kulkas selama 1 jam (cake yang didinginkan akan mengkerut sedikit dan kehilangan beberapa volume). Keluarkan dari kulkas dan putar pisau di sekeliling loyang dan buka pengunci loyang untuk melepaskan cake dari loyang  springform. Letakkan cake dengan posisi terbalik pada piring saji. Lepaskan bagian dasar loyang dan parchment paper lalu pasangkan kembali cincin loyang di sekeliling cake untuk selanjutnya akan digunakan sebagai cetakan chocolate mousse.

Lapisan Chocolate Mousse:

7.      Letakkan 10 oz. semisweet chocolate berkualitas tinggi ke dalam mangkuk tahan panas.

8.      Dalam wadah kecil, lunakkan 1 sdt unflavored gelatin dengan 2 sdm air dingin. Sisihkan.

9.      Didihkan ½ cup heavy whipping cream, tuang di atas coklat cincang, aduk perlahan hingga halus dan coklat meleleh menyeluruh. Jika cokelat tidak meleleh sepenuhnya, panaskan kembali campuran pada panas rendah, dan terus aduk hingga semuanya meleleh.

10.  Panaskan gelatin yang sudah lunak dengan api kecil, aduk untuk melarutkannya. Jika sudah tidak ada gumpalan, adukkan gelatin ke dalam cokelat leleh.

11.  Kocok 1 cup heavy whipping cream yang tersisa hingga soft peak. (JANGAN overwhip !!!)

12.  Adonan coklat harus bebas dari gumpalan dan suhu harus sekitar 80oF (untuk menghindari cokelat kaku. Jika terlalu panas, whipped cream akan meleleh).

13.  Tambahkan sekitar separuh dari whipped cream ke coklat dan kocok perlahan hingga semua tercampur, kemudian fold  whipping cream yang tersisa (pastikan juga mengaduk rata semua cokelat leleh di dasar mangkuk).

14.  Tuang mousse di atas cake yang didinginkan dengan ring, ratakan permukaannya dengan spatula. Tempatkan kembali cake ke kulkas.

Lapisan White Chocolate Mousse:

15.  Ulangi kembali langkah pembuatan lapisan chocolate mousse, menggunakan cokelat putih (hati-hati agar cokelat putih tidak terlalu panas saat dilelehkan, jika terlalu panas maka coklat akan terpisah dan tidak dapat digunakan).

16.  Tuang mousse cokelat putih ke atas lapisan chocolate mousse. Dinginkan kembali di kulkas selama minimal 4-5 jam (atau semalaman).

17.  Sebelum disajikan, putar pisau tipis di sekeliling loyang dan buka pengunci loyang.

18.  Hiasi kue dengan chocolate curls atau parutan coklat.

19.  Simpan di kulkas.

20.  Cake dapat difrozen hingga beberapa minggu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s