SARANG SEMUT/ CARAMEL CAKE

DSC02225 copy

Tantangan KBB kali ini bikin Caramel cake yg kenal juga sbg kue sarang semut mungkin karna penampakannya yg berwarna coklat dan memiliki serat spt rumah semut.

Suka banget dgn cita rasa kue ini manis-manis kenyal ditambah dengan aroma karamelnya ituloh yg suka bikin nggak tahan.

Dulu saya penasaran dengan cara buat yg kata teman saya gampang semua tinggal dimasukin dan jadi. Janjinya mau ngajarin saya sih tapi karna kesibukan terlupa sampai akhirnya saya pindah ke Denpasar.

Namun sekarang semua informasi gampang di dapat. Cukup buka Mr Google resep langsung bertebaran di internet. Binggung cara buatnya tinggal buka You tube.

Ini kali ke tiga saya membuat kue ini. Yang pertama sdh lupa tahun berapa, karna waktu itu nggak punya blog jadi ya cukup sampai diperut nggak sampai diabadikan segala. Lagian yg doyan hanya saya.

DSC02216 copy

Okelah demi KBB tercinta, kue ini kita dibuat lagi toh kalo anak dan suami nggak doyan saya bisa bagikan ke karyawan dan pelanggan toko saya.

PD karna sebelumnya sdh pernah buat dan berhasil. Walau demikian langkah yg tertulis di resep KBB saya ikuti. Awalnya semua berjalan lancar dan mulus. Begitu masuk ke dalam tulban adonannya langsung merembes kemana-mana. mungkin karna adonan cake ini lbh cair dr adonan Chiffon cake. Untungnya sebagian besar masih bisa diselamatkan.Tulban saya lapisi dgn aluminium foil dan berharap aman. Welah dalah pas dipanggang sebagian besar odonan tetep saja bocor keluar dan menyisakan hanya sebagian kecil didalam cetakkan itupun tidak bersarang.

Ya sudahlah pikir saya tantangan KBB kali ini dilewatkan saja apalagi batas waktu pelaporan sdh mefettttt. No time utk eksekusi ulang.

Di hari keputus asaan……dapat pemberitahuan dari team host jika waktu pelaporan diperpanjang karna resep direvisi. Yippppie…..

Semua kali ini dipersiapkan sematang mungkin, tulban saya ganti dengan baking pan jadoel pemberian adek yg sdh hampir saya museumkan. Takaran kue yg saya ubah hanya pemakaian gulanya . Selebihnya sesuai jalur.

Saat pemanggangan bolak balik saya intip dr kaca kecil yg ada ditutup atas baking pan. Ahh….kue mengembang sempurna dan terlihat gelembung gelembung kecil dipermukaan cake. Lupa ngasih timer utk lamanya pemangggan jadi hanya berdasarkan filling. Begitu kue saya pegang membal. Api saya matikan….berlari ke atas ngambil kamera. Kuenya menciut….oh tidakkkk. Saya taruh lagi diatas kompor dan api saya nyalakan sambil mulut komat kamit baca doa kayak mbah dukun. Saya timer 10 menit lagi utk ngulang pemanggang…Puji Tuhan begitu diintip kue masih bisa ngangkat sempurna. Huffft bisa bernafas lega. Sekarang waktunya berjoget yihaa….. 🙂

Kue Sarang Semut (Caramel Cake)
Resep by Erik Kusuma

Note: pakai takaran cangkir gelas belimbing (vol ± 200 ml)
Bahan A:
500 gr gula pasir putih (saya pake 200gr karna nggak mau kemanisan)
2 gelas air suhu ruang
Masak gula hingga jadi karamel. Masukkan air saat gula sudah berwarna coklat, aduk sesekali saja saat gula kelihatan mencair. Jika terlalu sering diaduk akan menggumpal.

Bahan B
1 ½ gelas tepung terigu segitiga biru (pake gelas 200cc)
½ gelas tepung tapioka

Bahan C
6 butir telur
1 sdt baking powder
1 sdt baking soda

½ kaleng susu kental manis

Cara membuat:
1. Kocok telur dengan whisk/spatula hingga rata. Kocok satu arah (searah/berlawanan jarum jam).
2. Tambahkan baking powder dan baking soda, aduk terus dengan arah yang sama.
3. Tambahkan margarine, aduk terus dengan arah yang sama, tidak perlu sampai larut.
4. Tambahkan tepung terigu dan tapioka, aduk satu arah hingga margarine larut.
5. Masukkan susu kental manis, terus aduk satu arah. Semakin lama pengadukan yang dilakukan di tahap ini, hasil seratnya akan semakin bagus.
6. Masukkan karamel yang sudah dingin. Aduk rata. Tuang di loyang tulban yang sudah diolesi margarine dan tepung terigu.
7. Panggang suhu 180oC selama 45 menit atau hingga kecoklatan, gelembung diatas cake sudah kempes. Potong setelah dingin.

Tinggalkan Balasan

