BUTTERHEAD PART 2

DSC01922 copy

 

Masih ingat tentang cerita 5 tanaman selada saya yg seperti bongkahan bunga hijau yang nyembul diatas permukaan tanah. Dua akhirnya saya panen juga walau dengan berat hati.

Yang 3 saya biarkan tumbuh menjulang keatas.Tidak cantik bahkan perlu disanggah kayu penopang namun saya penasaran. Apakah tanaman ini bisa mengasilkan benih?

DSC01933

Logikanya semua tanaman yg berbunga dan berbuah bisa menghasilkan biji untuk perbanyakan generasi. Tapi jangan salah benih yang sudah pernah mengalami rekayasa genetik belum tentu bisa menghasilkan benih lagi. Hal itu sudah pernah saya alami waktu memperbanyak tomat. Buah tomat yang dihasilkan manis tapi non biji.

Oke kembali ketanaman selada saya, saat tanaman selada saya memasuki usia 2 bulan dihitung dari tanggal tebar benih. Diujung atasnya muncul kucup bunga bergerombol.

DSC01931

Selang seminggu kemudian mulai bermekaran bunga- bunga mungil berwarna kuning.

DSC01954

Sampai di satu sore saya melihat batang bunga yang sudah kering. Diamat-amati kok kosong.Maklumlah sempat beberapa hari nggak pernah nengok tanaman karna satu kesibukkan. Setidak-tidaknya mulai ada harapan.

DSC02098

Setelah beberapa waktu berlalu akhirnya saya dapat melihat benihnya juga. Namun tidak seperti yang saya bayangkan, penampakkannya sungguh tidak menarik seperti gerombolan bunga dendelion. Bentuk benihnya jauh berbeda dengan benih yang saya terima pertama kali untuk ditanam.

Ragu jika bisa tumbuh, namun lagi-lagi tidak ada salahnya untuk mencoba peruntungan. Lumayanlah jika tumbuh saya tidak perlu repot-repot beli benih.

Sebar di rockwool…sambil harap-harap cemas…..ternyata berhasil tuh. Horeeee…..bahagianya bisa meregenerasi tanaman sendiri 🙂

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s