OGURA CAKE

DSC02173

Sebenarnya sudah dari tahun-tahun kemarin melihat ogura cake bertebaran di wall medsos saya. Ngiler tapi malas buatnya ha…ha…ha…

Sampai kemarin group YMYK membuat thema bulanan ini Ogura Cake atau Chiffon cake yang dimotif. Terserah mau di motif apa aja asal cakenya kelihatan cantik. Okelah mari kita bergerak walau didetik-detik terakhir.

Bahan Ogura dan Chiffon cake sama persis yang membedakan proses akhirnya. Dimana Chiffon dibakar menggunakan cetakkan bongkar pasang yang berlubang ditengah setelah matang, loyang langsung di balik. Jika loyang tidak mempunyai kaki maka loyang akan digantuk di leher botol sehingga permukaan cake masih bersentuhan dengan udara terbuka. Membalikkan cake bertujuan untuk mencegah cake menyusut.

Sedang si Ogura saat memanggangnya menggunakan metode Au Bain Marie yaitu proses mengukus dalam oven. Bila menggunakan oven bongkar pasang, luarnya diberi aluminium foil. Karna males lapis melapis dan sayang aluminium foilnya loyang bongkar pasang saya saya taruh dalam loyang yang sedikit lebih besar, lalu loyang ini saya taruh lagi di dalam panci yang saya beri air.

DSC02155

Pewarna yang saya gunakan disini menggunakan bahan-bahan alami yang kebetulan ada dirumah. Bubuk Green tea selalu ada karna memang saya pecinta aromanya, jadi habis pasti beli lagi. Ada bubuk Taro dan Charcoal di bagi ade tercinta oleh-oleh dari temennya. Lumayanlah motif yang dihasilkan terlihat cantik. Aromanya juga tidak saling bertabrakkan. Texturenya sendiri mungkin karna menggunakan au Bain Marie jadi lembut.

OGURA CAKE

Bahan A

5 butir kuning telur

1 butir telur utuh

65 ml minyak goreng

60 ml santan kental (pake kara)

65 gr terigu

15 gr maizena (saya skip)

100 gr gula bubuk

Bahan B

5 butir putih telur

75 gr gula castor

1/4 cream of tartar

Bahan tambahan

1 sdt Bubuk grean tea

1/2 sdt bubuk taro

1/2 sdt bubuk charcoal

Cara

  • Kocok putih telur hingga agak kental masukkan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok
  • Tambahkan cream of tartar. Kocok sampai mengental. Ngeceknya cukup balikkan wadah kocokkan putih telur apabila adonan tidak tumpah berarti sudah siap digunakan
  • Kocok kuning telur dan gula dalam wadah terpisah sampai agak kental, masukkan terigu kocok dengan kecepatan rendah.
  • Masukkan minyak dan santan. Aduk rata.
  • Ambil sepertiga adonan putih telur campur kedalam adonan putih telur. Aduk dengan cara melipat. Setelah rata masukkan campuran ini kedalam sisa adonan putih telur.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian. Satu bagian dibiarkan utuh , satu bagian dicampur dengan bubuk grean tea, satu bagian campur dengan bubuk taro satu bagian dengan charcoal.
  • Tuang adonan warna putih kedalam loyang sebagian. Tuang ditengah adonan hijau, Diatas adonan hijau tuang sebagian adonan taro, diatas adonan taro tuang adonan yang sdh dicampur bubuk charcoal. Lakukan hal tersebut berulang sampai adonan habis
  • Panggang adonan dengan mengunakan sistem au ban marie selama lebih kurang 1 jam

 

DSC02158

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s