SAMBAL PETE

DSC02142 copy

Saya mah gitu orangnya, kalo makan ditempat teman enak dan masakan rumah mesti nodong resep. Untungnya teman-teman saya bukan orang yang pelit ilmu. Jadi dengan suka rela mereka akan berbagi rahasia dapurnya kesaya.

Dalam hal nanya resep saya juga punya etika. Nggak semua saya tanya apalagi kalo resep itu dipake buat berjualan. Bisa-bisa saya dimusuhin bertahun-tahun. Lain halnya jika membisikan resepnya kesaya dengan sukarela tanpa saya tanya, pasti saya terima dengan suka cita.

Salah satunya sambal pete ini. Saya lagi-lagi memperolehnya dari teman dan sudah praktek kesekian kalinya buat konsumsi keluarga sendiri. Suami dan anak-anak suka.

Saya tulis di sini biar nggak lupa berikut nara sumbernya karna saya menghargai kebaikkan hati mereka.

 

SAMBAL PETE

Resep by: Naomi Yahya

 

Bahan

segenggam cabe kecil buang tangkainya

3 siung bawang putih

1 buah tomat

2 papan pete

garam

gula merah

penyedap rasa jamur/ boleh diganti royco

Cara

  • Goreng cabe kecil dan bawang putih setengah matang lalu ulek halus
  • Tumis lagi cabe yang sdh dihaluskan dengan sedikit minyak.
  • Masukkan potongan tomat
  • Bumbui dengan garam,gula merah, dan penyedap rasa.
  • Masukkan air sedikit, masak sampai tomatnya hancur dan sambal mengental. Cicipi kalo sdh dirasa pas
  • masukkan mata pete, masak sebentar. Matikan api

 

DSC02149

Tinggalkan Balasan

