PEPES TONGKOL DAUN SINGKONG

DSC02130 copy

Makan pepes ini saat di rumah teman langsung suka.

Pepes ikannya beda dengan pepes ikan yang biasa saya makan. Nyaris nggak kelihatan ikan dan rasanya lembut tidak full rempah. Malah lebih menonjol aroma daun singkongnya. Karna saya pecinta daun singkong langsung klepek-klepek…

Dengan baik hatinya teman saya ini mau berbagi resep.

Mungkin karna resep jaman jadul, takarannya jadi pake kira-kira. Biasanya ini jurus saya, lah begitu eksekusi resep orang lain yang pake jurus kira-kira binggung juga saya. Hasilnya pepes saya kebanyakkan ikan ketimbang daun singkongnya ha…ha…ha… ya sudahlah yang penting rasanya enak.

Resep saya ini saya tulis berdasarkan eksperimen didapur saya hari ini. Next kalo bikin lagi daun singkongnya dibanyakin biar tidak condong seperti rasa otak-otak ikan.

PEPES TONGKOL DAUN SINGKONG

Resep by: Cynthia Dewi

 

Bahan:

1/2 kg ikan tongkol

2 ikat daun singkong/ Cari daun yang muda

5 btr telur ayam kocok

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

sekerat lengkuas

2 lembar daun salam

gula merah

garam

Cara

  • Ikan tongkol dikukus sampai matang lalu goreng sebentar.
  • Suwir dagingnya taruh dalam tempat terpisah
  • Daun singkong rebus sebentar dalam air yg sdh dibubuhi garam sedikit lalu tiriskan dan potong-potong
  • Bawang merah, bawang putih, lengkuas diulek halus
  • Tumis bumbu halus bersama daun salam, garam dan gula merah
  • Masukkan ikan dan daun singkong
  • Kalau dirasakan sudah pas matikan api
  • Setelah dingin masukkan kocokkan telur
  • Bungkus dengan daun lalu kukus

DSC02136

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s