SAYUR ASEM

DSC01966

Asli saya bukan ibu-ibu yang jago masak. Sampai sekarangpun masih belum bisa dimasukkan dalam kategori itu. Yang ada saya masih terus belajar dan belajar.

Masa muda saya diisi dengan banyak kegiatan yg jauh dari urusan perdapuran. Kalaupun masuk dapur mesti bikin yang gampang-gampang. Telur ceplok atau mie rebus. Mau bikin yang susah ade-ade saya bakalan teriak “Jangan Cece deh yang masak!” Takut selera makan mereka langsung anjlok karna masakaan saya terlalu banyak di bubuhi jahe. Moto saya saat itu nyaris sama seperti teh botol Sosro…Apapun jenis masakannya bumbunya tetep jahe 😛

Sampai-sampai papi takut nanti pasangan saya syok punya istri yg ngga bisa masak. Ketika akan menikah, kekasih waktu itu sempat di tanya “Apakah kamu mau menerima anak saya? Dia nggak bisa masak loh” Waduh papi segitu putus asanya dengan kemampuan saya. Lupa ya waktu papi menikah dengan mami. Mami juga awalnya nggak bisa masak, tapi papi tetep cinta sama mami kan? he…he….

Setelah menikah masa sih saya mau oon terus…saya juga mau pintar. Mulailah saya bertanya dengan orang-orang sekeliling saya. Harap maklum dulu nggak semudah sekarang yang tinggal  ketik nama masakkan di internet maka resep akan berseliweran tinggal dipilih mau yang mana. Untungnya orang-orang tersebut bukan orang yang pelit ilmu. Salah satunya tante kost saya di Surabaya. Resep ini saya dapatkan dari beliau karna tau suami saya yang orang sunda itu sangat doyan yang namanya sayur asem.

 

SAYUR ASEM

Bahan:

2 buah jagung manis

1 buah labu siam

1 genggam kacang tanah

1 genggam melinjo

1 genggam daun melinjo

1 buah kerai/ timun jepang

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas

1 bungkus kecil asam

Air secukupnya

garam

gula

 

Bumbu halus

2 bh cabai besar

1 sdt terasi bakar

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

 

Cara membuat

~ Rebus air sampai mendidih, dan masukkan sayur-sayuran tadi yang sudah di cuci terlebih dahulu.
~ Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan aduk hingga bahan dan bumbu merata.
~ Rebus hingga semua bahan matang dan empuk, sebaiknya kacang tanah,  melinjo, jagung direbus diawal agar empuk terlebih dahulu.
~ Tambahkan air asam aduk hingga merata. Jika semua bahan sudah empuk maka cicipi apakah bumbu sudah pas.
Sajikan dalam mangkuk sajikan bersama ikan goreng dan sambel terasi

 

 

 

 

 

DSC01976

 

 

 

Tinggalkan Balasan

