MANISAN KOLANG KALING

2015-08-25-07-35-23_deco[1]

Sempat beredar di FB sebuah penelitian oleh orang Belanda tentang manfaat kolang kaling. Mereka penasaraan karna di beberapa daerah Indonesia yang rata-rata orang tuanya mengkonsumsi buah yang dikenal juga sebagai buah atap ini jarang mengalami masalah tulang.

Ternyata dalam buah Kolang kaling mengandung Gelatin yg dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa Kolagen. Kolagen sendiri apabila bersubstansi dengan mineral akan bekerja membangun struktur, fleksibiltas dan kekuatan dari tulang. Jadi sangat dianjurkan buat orang-orang yang berusia lanjut untuk menkonsumsi buah ini setiap hari 10 sampah 20 buah.

Awalnya saya sempat nggak percaya. Maklumlah sekarang itu banyak sekali beredar berita-berita dan penelitan hoax, sampai ada salah satu teman yang sudah cukup berumur memberi kesaksian. Beliau mengalami nyeri dipersendian tangannya sampai susah digerakkan selama hampir 2 tahun ini. Tapi setelah rajin konsumsi kolang-kaling 10 buah setiap hari nyerinya sudah jauh berkurang.

Saya bikin manisan ini, jangan dipikir karna saya mengalami nyeri persendiaan ya. Tapi karna saya doyan sama buah ini. Kalo pesen es campur pasti minta kolang kalingnya ditambahkan. Sayangnya pewarna yg digunakan pada es campur kebanyakkan menggunakan perwarna sintetis.Masih mending jika si penjual menggunakan pewarna khusus makanan. Yang ditakutkan adalah penggunaan pewarna textil.

Bikin sendiri jauh lebih murah dan higenis. Untuk pewarnanya saya menggunakan kembang telang segar tanpa tambahan pewarna lagi.  Cantikkan?

2015-08-25-07-36-50_deco[1]

MANISAN KOLANG KALING

 

Bahan

1 kg kolang kaling

1 Cup gula

2 Cup air

3 helai daun pandan sobek-sobek lalu ikat

10 bh kembang telang

Cara

  1. Cuci kolang kaling sampai bersih dan tidak berbau asam. Beberapa teman menggunakan air cucian beras. Saya sih hanya dicuci biasa, bilas beberapa kali sampai bau asamnya hilang.
  2. Rebus air bersama daun pandan, gula, kolang kaling dan kembang telang sampai sampai mendidih dan airnya berkurang.
  3. Dinginkan siap disantap.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s