SOP MUTIARA

2015-08-06-07-59-02_deco[1]

 

Kemarin kebetulan giliran KM di rumahku. Nggak harus sih menyediakan masakkan. Cuma karna waktunya berbarengan dengan waktu makan malam,  jadi  sekalian.

Tadinya pengen beli yang sdh jadi . Maklumlah dari pagi sampai sore waktunya habis di toko, mana nggak punya pembantu, takut nggak sempat.

Buka kulkas masih punya wortel dan dada ayam. Ke pikir bikin sop, bumbu-bumbu yang dipake nggak terlalu banyak. Masaknya juga sebentar.

Kalo dada ayam dibikin sop, biasanya suami nggak doyan. Ngakalinnya dibikin bola-bola mini aja untuk campuran sup. Mungkin karna ukurannya mini spt mutiara makanya sup yang dicampur bola-bola ini disebut sup Mutiara.

Sup Mutiara sendiri merupakan masakan khas kampung halamanku . Biasanya dijumpai dalam acara-acara tertentu peranakan Tionghoa Banjarmasin.

Sempet deg-deg an suami  nggak suka spt yg lalu-lalu. Ternyata yg kali ini suami doyan, temen-temen juga pada suka sampai makannya nambah. Fuih…..lega.

2015-08-06-07-55-55_deco[1]

Sop Mutiara

Bahan

6 Batang bawang prei

1/4 btr pala

Minyak goreng

2 ltr kaldu

1 gelas susu UHT

1 sdm margarin (aku pake blueband)

3 sdm bawang goreng

3 batang seledri iris halus

3 bh Wortel iris

segenggam makaroni

5 bh Sosis

1 kaleng kacang Arcis

garam

merica

 

Bahan Mutiara

2 dada ayam di blender halus

1 sdm bawang goreng

garam

Dibeberapa resep pake kentang/ aku sih nggak pake

 

Cara

  1. Bikin semua bahan mutiara aku blender jadi satu. Lalu di bulat-bulat mini. Supaya mulus tangannya dibasahi dulu.
  2. Panaskan air rebus bola-bola ini sampai mengapung. Angkat dan tiriskan
  3. Dalam panci terpisah didihkan kaldu masukkan irisan wortel dan bola-bola ini
  4. Tumis daun bawang prei bersama rajangan pala dengan sedikit minyak dan api kecil sampai harum.
  5. Belender tumisan ini dengan sedikit air lalu saring. Airnya dimasukkan dalam kaldu sedang ampasnya tumis lagi sampai berubah warna kecoklatan. Lalu masukkan lagi dalam kaldu
  6. Masukkan sosis, arcis dan makaroni.
  7. Tuangi susu, bumbui dengan garam dan lada. Begitu mendidih matikan api lalu masukkan 1 sdm mentega, taburi bawang goreng dan daun seledri. Sdh selesai…sesimple itu
Iklan

2 pemikiran pada “SOP MUTIARA

  1. c ayong, baru sekali jalan2 ke blog nya nahh

    thumbs up ya.

    saya jg punya blog tp ga rajin begini ngisinya, dan tidak ada resep masakannya 🙂

    jadi pengen sop jg ini. menunggu weekend bikin mutiaranya dulu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s