LAKSA SINGAPORE

2015-08-04-07-40-52_deco[1]

Pertama kali nyoba laksa ini saat nganter mami periksa ke rumah sakit Gleneagles Singapore. Yang namanya nyoba nggak berani banyak-banyak, apalagi nyoba masakkan negara orang takut nggak doyan. Jadi belinya semangkok dibagi dua dengan ade.

Rasa gurihnya langsung menyergap lidah. Aroma udang, kerang dan bumbu yang berpadu sempurna menari di langit-langit mulut. Sampai-sampai si ade kembali ke counternya hanya untuk bilang “Thank you, laksanya enak”.

Kemarin waktu balik Singapore, saya bilang ke suami mesti nyobain Laksa ini. Sayangnya karna susunan acara yg padat jadi untuk kerumah sakit hanya untuk nyobain Laksa mau tidak mau di Skip.

Untungnya ketika balik dari Universal naik monoril nyampe di Vivo mal lantai 3 ketemu penjual Laksa Singapore di Food Republik. Setidak-tidaknya rasa penasaran anak-anak akan cerita kelezatan Laksa ini tepenuhi.

Balik-balik gantian emaknya penasaran cara bikin Laksa Singapore. Mengandalkan mbah Gogle saya searching resep. Ketemu blognya Russel Wong di sini.

Berdasarkan itu saya coba bikin Laksanya plus saya modif berdasarkan ingatan lidah saya waktu ngicip di Singapore. Karna nggak punya kerang, kerangnya saya skip.

Ternyata anak & bapaknya doyan. Malah emaknya di suruh jualan Laksa “Nggak kalah enak Ma, jualan ini aja. Lumayan $7 lho.”

 

LAKSA SINGAPORE

 

Bahan

2 sdm ebi yg sdh direndam air panas

5 batang serai geprek

3 batang daun ketumbar

1.5 Liter Kaldu Ayam

1 liter kaldu udang

2 sachet santan kental instan bungkus kecil

garam

 

Haluskan

8 Siung bawang merah

1 siung bawang putih

2 cm lengkuas

2 cm kunyit

5 btr kemiri

8 bh cabe kering yg sdh direndam air panas

2 sdt terasi bakar

1 sdm ketumbar di sangrai sebentar

 

Mie telur rebus lalu tiriskan

Telur Rebus

Udang

Tahu yang sdh digoreng

Timun iris panjang-panjang

Daun kesum (karna nggak ada saya ganti dengan kecombrang yg diiris tipis-tipis)

 

Cara

  • Tumis bumbu halus + serai sampai benar-benar wangi dengan api kecil
  • masukkan ebi dalam bumbu halus lalu sangrai sebentar sampai kering

  • Masukkan kaldu udang dan kaldu ayam. Karna disini saya mengunakan kaldu yg masih beku jadi saya masak hingga semua kaldunya mencair dan mendidih lalu saya masukkan santan instan + daun ketumbar  bumbui dengan  garam.

  • Penyelesaian, taruh dalam mangkuk Mie rebus, Telur rebus, Udang yang direbus sebentar dalam kuah, Irisan timun, irisan daun kesum (saya pake kecombrang) , tahu goreng lalu siram dengan kuah panas

 

Catatan

Untuk mendapatkan kaldu udang, Rebus kepala dan kulit udang dalam air dingin sampai mendidih dengan api yang kecil. Rebus sampai kulit udang berubah menjadi warna kemerahan. Dinginkan lalu saring. Kaldu ini siap dipakai. Kalo tidak langsung digunakan bisa dibekukan terlebih dahulu.

Hasil dari saringan kulit udang masih bisa dipakai untuk bikin sambal. Caranya blender kulit dan dan kepala udang sampai halus bersama dengan cabai kecil. Lalu tumis dengan minyak sampai agak kering. Tambah garam sedikit.

Yang terbuang dari udang hanya kotoran yang dipungungnya.

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

