Tahu Kecap Cirebon

2015-07-25-08-35-20_deco[1]

Dapet resep ini dari temen persekutuan Samarinda yang sekarang tinggal di Bandung. Kebetulan  waktu ngintip FBnya lagi masang nasi Jamblang. Full komplit menu hasil masakkannya sendiri. Minta resepnya dikasih… Love u pull deh bu Lena yang cantik, baik hati dan tidak sombong

Karna bikinnya habis pulang toko aku nggak bisa sekomplit beliau. Cuman bikin tahu ini, sambel iris, telur rebus dan ikan asin pemberian tetangga kemarin.

Komentar si bontot yg jago makan “Ini tahu buatan mama yang paling enak” ha…ha..ha. Thanks ya friend

 

Tahu Kecap Cirebon

By. Lena Simanungkalit

 

Bahan

Tahu yang sdh digoreng (Kalo beli dicuci dulu dgn air panas 2x spy minyak keluar)

10 bh bawang merah iris

5 bh bawang putih iris

10 bh cabe gede iris serong (buang biji, ups kelupaan)

1 bh tomat

17 sdm kecap bango

1 sdm gula pasir

1 ltr air

1 bh daun salam

Cara

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, cabe, tomat sampai harum
  2. Masukkan air sampai mendidih

  3. Masukkan tahu, kecap, garam, merica dan daun salam

  4. Masak sampai bumbu meresap

 

Iklan

JUICE TERONG BELANDA

2015-07-11-09-06-29_deco[1]

Sudah lama nggak punya pembantu. Terakhir punya kalo tidak salah 8 tahun yang lalu. Memang sih rumah agak sedikit lebih berantakkan tapi aku enjoy.Nggak bingung makannya, nggak bingung jaga anak orang. Lah kalo masih muda kan maunya pacaran sdh gitu ijin pergi-pergi kadang susah diomongin. Mau ngomel nggak bisa lah bukan enyaknya. Mau naruh uang sembarangan juga nggak takut ilang yang lebih penting lagi isi rumah nggak ember kemana-mana (tetangga bisa update kehidupan pribadi kita).

Tugas rumah masih bisa di kerjakan sama-sama, apalagi sekarang anak-anak sudah menginjak remaja setidak-tidaknya untuk urusan nyapu, ngepel dan cuci piring aku sudah dibantu mereka.

Masak masih di handle emaknya walau sekarang sering dibantu warung makan hee..he…he..

Urusan setrika pakaian tugas si bapak. Walau kadang  seabreg kerjaan jadi nggak sempat dikerjakan.  Ujung-ujungnya si emak juga yg harus turun tangan.

Seperti hari ini aku mesti menyelesaikan setrikan 4 baskom besar. Tugas jaga toko setengah hari sementara dilimpahkan ke si sulung yg lagi libur sekolah. Lumayan sih dari jam 1 siang baru selesai jam setengah delapan malam. Aau..auu rasanya pinggangku mau copot. Tapi tak apalah yg penting kerjaan  kelar.

Selama itu bukan berarti aku terus-terusan berkutat dengan pakaian, masih sempat istirahat setengah jam, masih sempat masak soto bandung buat makan malam, plus bikin juice terong belanda.

Taunya  terong belanda ya sejak tinggal di Bali. Di Kalimantan ada juga sih di rumah makan Padang tapi entah kenapa saat itu malas nyoba.

Saat pertama kali bikin Juice ini rasanya nggak karuan, pahit,  asam, manis mending juga jd kaya permen nano-nano enak. Ini rasanya aneh poll…Yang bikin heran orang-orang kok pada doyan. Coba beli juicenya. Ternyata enak…rasanya seger memper-memper strawberylah. Ngliat cara pembuatannya. ternyata isi buahnya dikeruk pake sendok lalu di blender. Ualah jelas aja juiceku pahit, lah aku blendernya sekulit-kulitnya…..

But now sudah ngerti cara buat mending bikin sendiri. Jauh lebih ekonomis.

 

JUICE TERONG BELANDA

sumber: pengalaman sendiri 🙂

 

Bahan

1/2 kg terong belanda

1/2 lt susu UHT

1/4 cup gula pasir

1 cup es batu

Cara

  1. Keruk isi pake sendok. Taruh osi buah taruh dalam blender
  2. Masukkan susu UHT setengah. Belender sampai halus.

  3. Masukkan setengah bagian lagi susu UHT, plus gula dan es batu

 

Cukup utk 4 gelas

 

2015-07-11-09-05-10_deco[1]

 

 

 

KRIPIK KENTANG

2015-07-11-09-03-50_deco[1]

Kali ini pengen berbagi cara bikin kripik kentang buat temen makan soto berdasarkan pengalamanku.

Bikin kripik kentang sebenar simple. Kentang diiris tipis-tipis, boleh pake pisau boleh juga pake alat kalo mau ketebalannya merata.  Lalu cuci irisan kentang tadi sampai air cuciannya keliatan bening. Tiriskan lalu digoreng.

Yang perlu diperhatikan saat penggorengan. Minyak harus dalam keadaan panas saat memasukkan kentang. Kecilkan api, biarkan kentang sampai agak berubah warna baru diaduk. Bila kita mengaduk saat warna belum berubah maka kentang akan menempel satu dengan yang lainnya.

Tanda-tanda kentang siap diangkat adalah saat buih diminyak sudah mulai berkurang banyak dan warna sdh berubah menjadi coklat keemasaan. Tiriskan keripik, taruh diatas tisue dapur biarkan dingin baru masukkan dalam wadah kedap udara.

2015-07-11-07-50-55_deco[1]

GREEN TEA PANNA COTTA

Kalo sering mengikuti Masterchef pasti tau dong apa itu panna cotta.  Sejenis hidangan penutup asal Itali termasuk kategori  puding yang terbuat dari cream kental dan gelatin sering disajikan peserta saat mengikuti audisi maupun chalange. 2015-07-03-07-41-36_deco[1]

Pernah bikin sekali tapi gagal. Rasanya aneh nggak karuan. Mungkin saat itu aku juga belum mengerti cara menggunakan gelatin bubuk.

Kebetulan masih punya Whippy cream sisa bikin carrot cake kemarin. Gelatin juga masih banyak….hayo ah dicoba lagi. Siapa tau kali ini berhasil….Thomas Alfa Edison aja harus ratusan kali gagal baru berhasil menciptakan lampu listrik…masa sih baru sekali gagal sudah menyerah.

Kali ini pake resepnya Christine Ho. Dibaca bolak-balik sampai hafal soalnya simple banget.

Hasilnya hualah uenake poll rek. Lembut, creamy.

 

2015-07-03-07-44-52_deco[1]

 

Green Tea Panna Cotta

Resep by Christine Ho

Bahan:

2 sdt teh gelatine bubuk  (pake 2.5 sdt)

40 ml air

60 gr gula pasir

250 gr Whipping Cream

250 gr Susu (Saya pake Ultra)

1/2 sdt vanila extract (saya ganti pake green tea bubuk)

Cara

  1. Rendam gelatin dalam air sampai larut dalam mangkok. Karna kebetulan saya masak nasi sekalian saja gelatinnya saya tim diatas nasi sampai larut
  2. Masukkan gula, Whipping Cream dan susu dalam panci. Masak dengan api sedang sambi sekali-kali diaduk.

  3. masukkan grean tea bubuk kedalam Panci sambil diaduk. lalu masukkan Bubuk green teanya. Begitu mulai mendidih matikan api supaya susu jgn pecah. Masukkan gelatin

  4. Tuang dalam cetakan. Diamkan dalam kulkas lebih kurang 3 jam

 

Tips

Pastikan gelatin betul-betul larut sebelum dimasukkan ke dalam kedalam susu

masak Wippy dan susu di atas api sedang sambil terus diaduk jgn biarkan sampai mendidih betul

Saat mengeluarkan puding dari cetakkan rendam cetakkan sebentar didalam air hangat selama dua detik. Jgn terlalu lama nanti puding meleleh.