CARROT CAKE

2015-06-23-08-09-21_deco[1]

Paling senang melihat blognya masam manis mba Azlita…fotonya cantik-cantik dan menggugah selera. Ini salah satu kue dr blog tersebut yg sudah dari lama ingin aku buat.

Karna anak pertamaku kebetulan  lahir di tahun kelinci. Jadi hiasan kuenya bener-bener ngikuti. Awalnya ingin membuat kelinci utuh dari ujung telinga sampai ujung kakinya.  Apa daya karna saya bikin figurin dari tepung ketan dan bukan fondant (he..he..he..ingat semangat tidak ada rotan akarpun jadi toh buat konsumsi sendiri) telingga si kelinci tidak bisa tegak. Akhirnya saya bikin kelinci dari pinggang ke bawah 🙂

Untuk nenas kalengan yg susah banget didapat, saya pake nenas segar. Untungnya mesin extraktor yg umurnya sdh lbh dr 15 tahun masih bisa dipake buat memarut nenas dan wortelnya. Untuk creamcheseenya aku ganti pake whippycream tawar spy mengimbangi  manis cake.

 

CARROT CAKE

sumber Azlita masam manis

 

Bahan

200 gr terigu

1/2 sdt baking powder

1/2 sdt kayu manis

250 gr wortel parut (parut wortel, peras airnya..ampas parutan ini yg ditimbang jadi 250 gr)

150 gr nenas (saya perlakukannya sama spt wortel)

100 gr almond yg dipanggang terlebih dahulu

40 gr kelapa kering

80 ml air nenas kaleng (saya ganti dengan air apel)

240 gr gula (saya pake 200 gr)

180 ml minyak goreng

2 btr telur ukuran besar (saya pake 3 karna telur ayam saya mungil)

 

Cara

  1. Kocok telur dan gula sampai mengembang
  2. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit sambil terus dikocok dgn kecepatan sedang

  3. Masukan ayakan tepung terigu, baking powder dan kayu manis bubuk

  4. Masukkan nenas, wortel, kelapa dan almond secara bergantian sambil terus diaduk.

  5. Masukan air nenas, Aduk rata

  6. Tuang dalam cetakkan yg sdh dilapisi dengan kertas roti

  7. Bakar dalam oven yg sdh dipanaskan terlebih dahulu selama 1 1/2 jam dgn suhu 170c

  8. Biarkan kue dingin. Hias dengan Whipycream lalu taburi keju dan croqant

 

Resep Croqant

100 gr kacang mete

100 gr gula

20 gr butter

cara

Masak kacang dan gula dalam wajan dengan api sedang sampai kacangnya berkaramel. Baru masukkan butter. Aduk sampai kacang terpisah-pisah.

 

2015-06-23-08-11-46_deco[1]

Tinggalkan Balasan

