BACEMAN BAWANG PUTIH

Ngiler ikut bikin baceman bawang ala mba Ocha Chupid yang katanya enak,  tidak hanya utk mie/nasgor saja ya,tp bsa digunakan hampir semua masakan,misalnya buat tumisan,bkin sop,cap jay krengsengan,aneka macam mie dan nasi goreng,dijamin rasanya pasti beda bgt jika dibandingkan dgn bawang biasa yg kita iris bilangnya begitu.

Nggak ada salahnya aku coba apalagi biasa menghemat pengeluaran buat beli bawang. Phan yang dipake minyaknya doang. Kalo habis tinggal isi minyaknya lagi..hoo.hoo..hoo…gw bangets.

Karna baru nyoba aku bikinnya cuma seperempat resep mba Ocha. Berdasarkan  saran pembuatan baceman ini nggak boleh kemasukkan air setetespun, akhirnya  aku nyucinya pagi sebelum ketoko. Sore baru ngulek tapi sebelum diulek aku lap lagi pake tisue dapur biar benar-benar kering.

2015-05-23-07-38-49_deco[1]

Baceman Bawang
Ocha chupid

Bahan:
400gr bawang putih
4butir kemiri besar
4sdm minyak wijen
600-750ml minyak sayur kualitas baik

Cara membuat:
-Kupas bawang putih,cuci lalu tiriskan hingga benar2 kering
-tumbuk kasar lalu sisihkan
-tumbuk kemiri sampai benar2 halus lalu campurkan ke tumbukan bawang putih
-letakkan adonan bawang ke toples yang bertutup rapat,campurkan dengan minyak wijen dan minyak sayur (untuk bnyaknya minyak sayur tergantung toples masing2 ya,jika nanti bawang masih bnyak tp minyaknya sdah habis bisa ditambahin minyak lg ke toplesnya)
-tutup rapat,dan gunakan 1-2hari kemudian

NB:
-tidak ada patokan utk komposisi bahan,silahkan sesuaikan dng kebutuhan,bisa bikin 1/2 atau 1/4 resep dulu
-pastikan bawang dan kemiri benar2 kering,jgn sampai ada air setetespun yg masuk,ini bertujuan agar bawang tetap awet dan terjaga rasanya
-gunakan minyak wijen yg berkualitas baik (misalnya merk pagoda/lowo),ciri minyak wijen yg baik jika ditaruh dikulkas dia tdak akan membeku,kalo ditaruh kulkas beku itu artinya minyak wijen kualitasnya kurang bagus
-gunakan minyak sayur yg berkualitas baik,tdak disarankan utk menggunakan minyak curah/los tg dijual dipasar,karna akan menyebabkan bawang jdi tengik
-sebaiknya di dlm toples diberi sendok sekalian,ini menghindari agar baceman bawang tdak tercampur oleh bahan2 dr luar
-bawang yg disimpan dlm minyak tdak akan pernah busuk,smakin lama disimpan makin harum dan kuat

Iklan

2 pemikiran pada “BACEMAN BAWANG PUTIH

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s