NAM DOK ANCHAN

tmp_32599-screenshot_20170223-210126_1-1286378176

Berkenalan pertama kali dengan si bunga ungu ini atau nama lainnya butterfly pea lewat foto-foto temen komunitas bento. Bunga ini merupakan salah satu pewarna alami buat makanan yg bisa dipakai mewarnai nasi juga. Penggunaan ekstrak bunga telang tidak akan memengaruhi aroma atau cita rasa masakan. Sebab, ekstrak pewarna yang didapat dari mahkota bunga telang ini, hanya mengandung zat warna yang dikenal sebagai antosianin.

Nemu  langsung tanaman ini malah  tidak sengaja, ketika menemani suami benerin sepeda tercintanya. Disamping toko sepeda ini banyak sekali bunga telang yang bermekaran sampai nyembul keluar halaman. Kebetulan terlihat beberapa buahnya yg berbentuk spt buncis mulai kehitam-hitaman. Lumayanlah buat bibit.

Nanamnya juga tidak sulit. Tebarin saja bijinya ketanah, begitu tumbuh dalam hitungan bulan, daunnya sudah merayap kemana-mana.

Jujur bento yg berhasil diwarnai bunga ini nggak ada karna saya kadung terserang penyakit malas. Alhasil tanaman ini dicuekin sekian lama. Dipindah sana, dipindah sini bahkan nyaris diumpetin dipojokkan karna sebel sama daunnya yg merayap dan mengganggu tanaman lain. Bunganya  sekali-kali dipake itu pun hanya buat prop masakan saya.  Sampai suatu saat baca salah satu blog hmmm lupa dimana kalo ternyata bunga keringnya dijual di etsy harga per 200 grnya $10. Wow…. Mulai deh siram-siram tanamannya lagi. Dan setiap lihat bunganya yg bermekaran langsung dikumpulin..taruh diselembar tisue, dicuekin dalam kulkas sampai kering sendiri. Setelah kering baru masukin dalam tempat kedap udara.

Jpeg

Untuk awal-awal saya pake buat salah satu minuman khas Thailand namanya Nam Dok Anchan.

Mestinya rebusan awal bunga ini menghasilkan warna biru tapi mungkin  karna saya masak bersama daun pandan dan serai warnanya jadi hijau gelap dan warna birunya tdk kentara. Tapi begitu ditetesi air jeruk nipis perlahan berubah  menjadi ungu cantik. Takut nggak pada suka saya bikinnya hanya 2 gelas untuk dicicipi rame-rame. Ternyata pada doyan, yang kecil minta dibuatkan lagi sayang kembang telangnya sdh habis. 🙂
Resep

1/2 cup gula pasir

350 ml air

2 batang daun pandan

2 batang serai

25 kuntum bunga telang kering

1/2 bt jeruk nipis

es batu secukupnya.

 

Cara

Rebus gula, air, daun pandan, serai dan bunga telang hingga gula larut dan mendidih

Saring, taruh digelas beri es batu dan tambahkan air matang baru kucuri dengan jeruk nipis

Jpeg

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s