LO HAN KUO

2015-04-15-07-25-19_deco

Batuk si kecil rasanya sdh berbulan-bulan nggak sembuh. Kirain gara-gara berenang, maklumlah kondisi fisik si bungsu tidak spt kakaknya yang jarang sakit. Sampai Eskulnya diberhentikan batuknya juga nggak kunjung reda. Minum segala macam obat batuk dari yg traditional maupun yg dari apotik, masih aja batuknya nggak hilang-hilang.

Kemarin si enyak pulang dari China dioleh-olehkanlah si buah Lo Han Kuo. Berharapnya si kecil bisa sembuh setelah minum ini.

2015-04-15-07-28-13_deco

Lo Han Kua atau bahasa latinnya Siraitia(Momordica) Grovesnori merupakan tanaman merambat khas negri tirai bambu yang memiliki buah berwarna hijau dan manis. Ukurannya hampir seukuran buah sawo dan memilik bulu-bulu halus spt buah kiwi dipermukaan kulitnya.

Buah tanaman ini sering disebut dalam bahasa Inggris terbitan luo han guo atau lo han kuo (dari Cina guǒ Luohan, 罗汉果 / 羅漢果 ). Hal ini juga dapat disebut la han qua (dari Vietnam la han qua), buah Arhat, buah Buddha, buah bhikkhu, atau buah umur panjang

Buah ini sendiri saat masih mentah tidak dapat digunakan sebagai obat. Dan rasa manis timbul adalah akibat dari proses buah yang sdh dikeringkan. Bahkan dari yang saya baca extracknya 300 kali lebih manis dari gula biasa namun tidak mengandung kalori. Wow bangetkan…..

Hasil pencarian di mbah Google, sebenarnya buah Lo Han Kuo ini kaya manfaat.Baca sendiri disini ya.

Pengolahan yg saya lakukan terhadap buah kering ini cukup sederhana.

Pecah kulit buah dan keluarkan isinya. Taruh dalam gelas tuangi dengan air panas,   diamkan lebih kurang 15 menit, Saring lalu minum. Ampasnya pun masih bisa dipakai beberapa kali.

2015-04-15-07-30-47_deco

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s