SCONES

Jpeg

Apa sih scone itu? Menurut wikipidea Scones berasal dari kata sconbrot, merupakan ‘roti’ khas Skotlandia yang pada akhirnya diadaptasi oleh masyarakat Inggris menjadi makanan khas Inggris yang pembuatannya hanya meliputi tiga bahan utama: tepung, mentega dan susu. Tekstur scones haruslah ringan, dan tidak berat dan tidak basah seperti brownies, dengan demikian baking powder banyak digunakan sebagai bahan pengembang.

Menurut sebuah studi akademik, dua-pertiga dari penduduk Inggris mengucapkannya / s k ɒ n / dengan preferensi meningkat menjadi 99% pada populasi Skotlandia. Demikian pula, Di Republik Irlandia, mereka mengucapkannya ‘SCON’ (sc-on). Para ahli mengatakan ini adalah pengucapan yang benar dari istilah seperti Irlandia adalah tempat kelahiran scone. Ini juga merupakan pengucapan Australia, Kanada dan Selandia Baru. Lainnya, khususnya penduduk Amerika Serikat, mengucapkan kata seperti / s k n / . Pengucapan / s k ʊ n / juga digunakan, terutama di Irlandia. Kamus Inggris biasanya menunjukkan “con” bentuk sebagai pengucapan disukai, sementara mengakui bahwa “cone” bentuk juga ada.

Biasanya scones disajikan bersama clotted cream dan selai  dalam acara Devonshire tea. Devonshire tea sendiri adalah sebuah sajian minum teh khas Inggris yang konon berasal dari daerahDevon,

Rasa scones bermacam-macam, namun secara tradisional, scones disajikan plain dan tidak memakai banyak gula. Selain itu, scones populer dipanggang bersama cincangan kurma, kismis, sultanas, atau currants.

Pembuatannya sendiri termasuk gampang dan mudah. Semua bahan tinggal diaduk lalu dioven.

Sebenarnya tau tentang kue ini pertama kali saat  nonton acara masaknya Anna Olson di AFC beberapa tahun yang lalu dan pernah dipraktekkan pula. Sedang yang kali ini aku ambil dari tantangannya KBB beberapa tahun yg lalu.  Adeku yg sdh pernah bikin bilang enak.

Walau scone bisa dikategorikan sebagai roti kalo disuruh milih saya akan lebih memilih roti yg dikembangkan menggunakan ragi.Jpeg

Resep Scones:

Sumber: Edmonds Cookery Book, NZ.

Untuk 12 potong

3 cups tepung terigu

6 sdt baking powder

¼ sdt garam

75g mentega

1 – 11/2 cup susu segar

ekstra susu

Ayak tepung, baking powder, dan garam ke dalam mangkuk. Masukkan mentega dan remas hingga berbulir2 seperti remah roti. Tambahkan susu dan aduk cepat menggunakan pisau sampai adonan lembut. Gilas beberapa kali. Tabur tepung sedikit ke atas baking tray. Letakkan dan tekan-tekan adonan scones di atas baking tray. Iris 12 potongan yg sama. Sisakan jarak 2cm antara satu scones dengan yang lainnya. Olesi susu segar di atas scones. Panggang dengan oven 220C selama 10 menit atau hingga matang kecoklatan.

Date Scones

Tambahkan ¾ cup kurma cincang, 1 sdM gula dan ½ sdt bubuk kayu manis ke dalam tepung. Sebelum dipanggang, taburi scones dengan campuran bubuk kayu manis dan gula.

Sultana Scones

Tambahkan ¾ – 1 cup sultanas ke adonan tepung

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s