SYRUP MARKISA

Kadang sering iri ngeliat teman-teman yg hidup di negara 4 musim sepertinya gampang banget dapet apel, peach, kiwi, blueberry. Malah ada teman yg tinggal di jerman dan rumahnya ditanami dengan Peach dan rasberry.

Namun jika dipikir ulang kita yg hidup di negara tropis jauh lebih beruntung karna dilimpahi bukan hanya dua musin tapi banyak musim. Musim mangga, musim durian, musim rambutan dan masih banyak lagi . Malah beberapa buah hampir tidak mengenal musim contoh pepaya, semangka, dan nenas. Kapanpun mau buah itu tinggal ke pasar pasti ada kan? 🙂 Rasanya pun nggak kalah enak. Yang kalah adalah tampilannya saja.

Lah ketika kemarin ke pasar nggak sengaja ngeliat orang jual markisa. Nggak tau apakah markisa ini juga mengenal musim. Mungkin daerah medan atau makasar buah ini sering dijumpai. Sedang di Bali Markisa yg sering dijumpai adalah kulit yg berwarna orange.

sumber gambar disini

Dari segi rasa markisa yg berwarna orange cenderung manis namun tidak ada wangi markisa spt yg terdapat pada syrup2x yg kita peroleh dari makasar ataupun medan. Sampai suatu saat nyoba markisa yg berwarna gelap. Rasa kecutnya langsung menyergap lidap tp jujur aja wangi banget. Nah markisa terakhir ini yang barusan aku temui di pedagang buah.

2015-01-31-07-35-33_deco[1]

Langsung beli 3 kg mumpung harganya murah lagian jarang-jarang ada. Niat awal sih mau nyemai bijinya tp sekalian aja ah dibuat syrup.

Kendala membuat syrup markisa nyaris tidak ada, kecuali memisahkan daging buahnya. Maklum saja daging buah markisa sedikit dgn biji yg sejibun mana agak-agar berlendir gitu. Dulu mah nggak ngerti. Begitu isi buah dikeluarkan langsung disaring dan diaduk-aduk disaringan sampai airnya keluar.

2015-01-31-07-36-13_deco[1] Ini Proses pengerjaan yg dulu

 

Sudah prose pengerjaannya lama hasilnya juga nggak sempurna karna masih banyak daging buah yang nempel

Coba-coba buka diyoutube siapa tau ada cara gampang, ternyata daging buah diblender dngan bijinya baru disaring. Dulu nggak berani pake cara ini takut hasilnya pahit. Apa yang ditakutkan tidak terbukti

 

Resep

750 Gr gula pasir

300 cc air

2 kg Markisa

Cara

  1. Belender isi buah Markisa
  2. Saring ambil airnya

  3. Didihkan gula bersama air.

  4. Masukkan Sari buah Markisa

  5. Tunggu Dingin baru masukkan dalam botol yg sdh dicuci bersih dan direbus dgn air panas biar steril

2015-01-31-07-34-15_deco[1]

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s