SYRUP MARKISA

Kadang sering iri ngeliat teman-teman yg hidup di negara 4 musim sepertinya gampang banget dapet apel, peach, kiwi, blueberry. Malah ada teman yg tinggal di jerman dan rumahnya ditanami dengan Peach dan rasberry.

Namun jika dipikir ulang kita yg hidup di negara tropis jauh lebih beruntung karna dilimpahi bukan hanya dua musin tapi banyak musim. Musim mangga, musim durian, musim rambutan dan masih banyak lagi . Malah beberapa buah hampir tidak mengenal musim contoh pepaya, semangka, dan nenas. Kapanpun mau buah itu tinggal ke pasar pasti ada kan? 🙂 Rasanya pun nggak kalah enak. Yang kalah adalah tampilannya saja.

Lah ketika kemarin ke pasar nggak sengaja ngeliat orang jual markisa. Nggak tau apakah markisa ini juga mengenal musim. Mungkin daerah medan atau makasar buah ini sering dijumpai. Sedang di Bali Markisa yg sering dijumpai adalah kulit yg berwarna orange.

sumber gambar disini

Dari segi rasa markisa yg berwarna orange cenderung manis namun tidak ada wangi markisa spt yg terdapat pada syrup2x yg kita peroleh dari makasar ataupun medan. Sampai suatu saat nyoba markisa yg berwarna gelap. Rasa kecutnya langsung menyergap lidap tp jujur aja wangi banget. Nah markisa terakhir ini yang barusan aku temui di pedagang buah.

Baca lebih lanjut

Iklan

PISANG MOLEN

Tantangan kali ini dari KBB bikin pisang molen.

DSC01099

Aslinya mau ngerjain surcinnya pagi hari, lah apa daya malam terbangun denger suami sakit. Karna nggak bisa tidur lagi mari kita tuntaskan PRnya  🙂 Adonan kulit aku buat malam biar besok pagi tinggal di isi lalu baking buat sarapan.

Pisang molen kali ini tehniknya sungguh berbeda dari pisang molen yg dulu pernah  daku buat, itulah senangnya ngikuti klub baking ini. Nama bakingannya boleh sama tapi pengerjaannya beda jadi bener-bener nambah wawasan. Baca lebih lanjut

Ikan goreng Asam Manis

Belakangan ini hampir jarang beli ikan, bukan karna mahal tapi karna ada tetangga yg baik hati setiap pulang dari Kupang mesti ngoleh-ngolehin ikan. Kadang jumlahnya nggak tanggung-tanggung.

Terakhir saya dibawakan ikan yg panjangnya lebih dari 50 cm. Lupa nama ikannya apa. Kepalanya sdh saya buat sup lah tinggal dagingnya. Suami saya kurang begitu suka daging ikan yg tebal-tebal. Tadinya sih mau bikin bakso tp karna persiapan pindah rumah foodprocessornya sdh diangkut ya sutralah saya bikin aja ikan asam manis kesukaan saya sendiri he…he…he..Jpeg Baca lebih lanjut

Brownies Pisang

Kalo selama ini pergi ke pasar Badung pagi-pagi jam 5. Kali ini nyobain kepasar Badung sore hari setelah tutup toko. Agak maksain sih soalnya persedian bawang merah dan putih sdh habis dirumah.

Alamak ternyata bener untuk sore hari sayur-sayur dan buahnya lebih komplit dan seger-seger. Langsung kalap sampai beli pisangnya agak banyaknya. Pisang kepok dan pisang ambon, apalagi pisang terakhir adalah kesukaan suami.

Awal-awal pada semangat makan pisangnya, lama-lama bosen juga akhirnya tersisalah pisang ambon yg kulitnya mulai kehitam-hitaman.

Kebetulan teman di FB bikin brownies pisang plus dapat tantangan dari ade yang mucil  food challage yaitu masang foto Makanan (masakan/camilan/cake or apa pun yg penting bisa dimakan) boleh hasil bikinan sendiri ataupun beli jadi. Yg penting fotonya hasil jepretan sendiri. Boleh foto baru ato pun lama. Selama 5 hari berturut-turut dan harus melanjutkan tongkat estafet ke seorang teman.

Jpeg

Baca lebih lanjut

BANANA CAKE

Sakit kepala mendera apa obatnya? Par…k obatnya….jadi ingat iklan obat di radio dulu…Sayangnya sakit kepala yg sekarang bukan sakit kepala biasa tapi dikarenakan tamu bulanan yg datang berkunjung. Kepala cenut -cenut, pinggang sakit, ledakkan emosi yg siap dimuntahkan ditambah punya kerjaan yg tidak bisa ditinggalkan  kompleks sudah indahnya dunia wanita.

Sekarang sedang memandangi pisang tanduk pemberian babe yg bentuknya sudah nggak karuan. Dikukus rencana buat kolak tapi karna tempatnya kekecilan dan si pisang ditaruh agak berjejalan hasil akhir hancur. Isinya keluar dari kulit dengan bentuk yg nggak jelas…Mau dibuat kalok jelas nggak mungkin, pisang ijo apalagi ya sekalian dihancurkan saja kita buat banana cake. Ingat disetiap kesulitan pasti ada jalan…(hehhhe..ngaco nggak jelas).

Karna nggak tau pisangnya diolah apa selain ini semua pisang yg ada aku pake. Hasil akhirnya cake lebih moistJpeg

Bahan:

5 Bh pisang tanduk kukus lalu haluskan

1/2 cup terigu

1/4 cup minyak sayur

5 butir kuning telur

5 butir putih telur

100 gr kenari

1/4 kaleng susu kental manis (cause pisangnya sdh manis)

2 sdm palm sugar

1 sdm baking powder

Cara

Panaskan oven

  1. Campur terigu dengan baking powder, sisihkan
  2. blender pisang, susu kental manis, kuning telur dan minyak sayur jadi satu lalu sisihkan

  3. Kocok putih telur setengah kaku masukkan palm sugar aduk sampai kaku

  4. Ambil sebagian putih telur masukkan ke dalam adonan pisang. aduk masukkan terigu, aduk rata.

  5. Ambil adonon tadi masukkan ke dalam adonan putih telur aduk dgn sistem lipat. Tambahkan potongan kenari. Aduk lagi

  6. Tuang dalam loyang yg sdh diolesi minyak sayur.

  7. Panggang dgn suhu 180C selama 60 menit

 

 

Dill

Jpeg

Karna tidak pernah tau cara memanfaat Dill jadi tidak pernah berpikir untuk menanamnya.  Tapi kok ya aneh tau-tau tanaman ini tumbuh sendiri disela-sela tanamanku yg lain. Dugaan terkuatnya biji secara tidak sengaja tersemai  pada saat aku beli tanaman herb dibedugul yg lalu.Awalnya sempat ragu lah nggak pernah beli bibitnya.  Untungnya sempat beberapa kali ngeliat tanaman ini muncul  di TV. Diawal kemunculannya daun dipetik dan gosok-gosok ditangan lalu keluar aroma rempah yg samar spt bau adas. Nggak salah lagi tanaman misterius yg tiba-tiba muncul disalah satu pot ku ini pasti Dill.

Cari infonya diinternet dan youtube dugaanku benar apalagi sekarang sedang berbunga. Sudah dapat dipastikan ini 100% Dill.

Hasil googling di internet ternyata pemanfaatan  tanaman ini paling umum digunakan dalam pembuatan acar. Sedang di saya pemanfaatnya hanya sebagai garnish atau elemen penghias makanan.

Kalo dilihat dari cara tumbuhnya dirumah bertaanam Dill tidaklah terlalu sulit, yang dibutuhkan hanya sinar matahari penuh, dan dijauhkan dari tempat yg banyak anginnya. Pernah satu kali karna melihat tanaman yg kurus bengkok sana bengkok sini kena terjangan angin. Potnya aku pindah ke bawah pohon mangga spy terhindar dari angin. Yang ada tanamannya tampak loyo dan terserang kutu putih. Akhirnya tanaman kupindahkan lagi ketempat asal yg penuh dengan sinar matahari pagi. Penyiraman sekedarnya saat musim panas.

Jpeg