AYAM BAKAR

Jpeg

Sejak tau tempat pemotongan ayam, nggak pernah lagi beli ayam dipasar. Selain fresh harganya murah bisa terpaut 3 sampai 5 ribu perkg. Lumayankan menghemat uang belanja saya. Kalo beli biasanya  langsung 5 kg biar nggak usah bolak balik kesana, takut yg jual naksir sama saya kalo keseringan  dikunjungin kqkkkkkkqkkkqqq

Waktu belum terbiasa, membersihkan ayam segitu rasanya lama banget. Sekarang nggak nyampe satu jam sudah kelar. Saya pisah-pisah dan kelompokkan berdasarkan bagiannya. Sayap sendiri, paha bagian atas sendiri, dada juga sendiri sedang tulangnya langsung bikin kaldu yg setelah disaring jika tidak langsung digunakan akan saya bekukan biar sewaktu-waktu bisa dipake.

Kali ini saya menyisakan 1 ekor ayam utuh buat dibikin ayam bakar. Rasanya lama banget nggak bikin ayam bakar terakhir bikin ayam cicane mungkin ada setahun yg lalu. Sedang yg ini adalah ayam bakar kreasi saya sendiri

Bahan

1 ekor ayam bersihkan

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1/2 sdt teh ketumbar

2 cm lengkuas

1 cm jahe

3 bh cabe besar

3 batang serai

5 lb daun jeruk iris halus

2 btr jeruk lemo

3 sdm kecap manis

2 btr kapulaga india

3 btr cengkeh

Cara

  1. Haluskan bawang merah,bawang putih, ketumbar, lenguas, jahe dan cabe

  2. Tumis bumbu, bersama irisan daun jeruk, serai, kapulaga dan cengkeh sampai wangi.

  3. Masukkan ayam lalu tuangi dengan 1 gelas air. Masak sampai bumbu mengental

  4. Bakar ayam sambil diolesi dengan sisa bumbu yg sdh ditambahkan kecap.

  5. Terakhir kucuri dengan jeruk lemo.

Tinggalkan Balasan

