Char Siu/ Chinese BBQ

Jarang banget beli Bab 1 sejak tau kena asam urat, setaun bisa diitung pake jari itupun kalo ada acara dan sesuai permintaan aja.

Seperti kemarin pas lewat jalan Nangka, mertua liat seporsi babi kecap 10 rb. Jadi pengen, saya bilang ke mertua entar saya masakan aja. Saya tau kesukaan mertua daging yg masih ada lemaknya persis spt mami saya, atau orang-orang dulu emang begitu kali ya. Pokoke enak nggak perduli kolestrol.

Singkat cerita pergilah menantu yg baik hati ini kepasar 😛 pagi2x buat mewujudkan keinginan mertua tercinta. Yah mungkin karna saya masaknya terburu-buru sambil mau buka toko si babi kecap tidak terwujud sesuai dengan keinginan mertua dagingnya masih agak alot walau anak dan suami doyannya bukan main.   Maapken menantumu ini ya mama….Next saya cari yg setengahnya lemak deh tp makannya nggak boleh banyak ingat kolestrol…

Untung saya masaknya cuman setengah. Yang setengah lagi pengen bikin Char siu. Daging saya bumbui simpan dikulkas 2 hari, baru dipanggang. Bumbunya jadi benar-benar meresap.

Bahan

1/2 kg daging babi

1 sdt teh angkakJpeg

1 sdt bumbu ngohiong

2 sdm gula pasir

1 sdm gula merah

3 bt bawang putih

1 sdm angciu

1 sdm minyak wijen

1 sdt garam

 

Cara

Haluskan angkak, bawang merah, gula dan garam

lumuri daging dengan bumbu halus, lalu tuangi dengan angciu dan minyak wijen. Biarkan minimal 2 jam

Panggang lebih kurang 1 jam

iris dan sajikan

Tinggalkan Balasan

