Terong Asam

Jpeg

Buat aku yg orang kalimantan nggak asing dengan namanya terong asam. Terong ini berbentuk bulat sebesar apel, berwarna orange dan sudah barang tentu miliki rasa asam yang kuat. Biasanya dipake buat penambah rasa masam pada masakkan yg mengunakan bahan ikan. (belum pernah tau kalo dimasak sama daging)

Waktu tinggal di Kalimantan tdk pernah terlintas sedikitpun buat menanam terong ini, dapatnya gampang dan harganya juga murah.

Tinggal di Bali kangen pengen makan sup ikan yg mengunakan terong ini susahnya bukan main. Kok rasanya keterlaluan minta saudara ngirimkan paket hanya beri terong ini dari Kalimantan. Kalo untuk sekali mungkin nggak masalah, lah kalo berkali-kali kan nggak enak juga.

Nggak ada salahnya nyoba menuhi keinginan dengan hasil dari kebun sendiri.

Cara menanamnya cukup gampang, biji yg sdh tua dikeringkan lalu disemai selang beberapa lama akan muncul tanaman-tanaman mungil.

Sebagai catatan dilarang nanem terong ini kalo punya anak kecil…lho kok bisa? Soalnya dari batang sampai daunya dipenuhi duri-duri halus. Lumayan sakit kalo kena jari. Tau sendirikan yg namanya anak kecil mesti pecicilan jarang bisa diemnya apalagi kalo anak cowok. Ampyun deh  (lho kok jadi curhat kqkkkqkk)

Kesulitan dalam menanam pohon ini nyaris nggak ada perawatannya juga nggak susah cukup disiram pagi sore saat hari panas. Yang jadi kendala serangan kutu putih yg bikin daunnya lama-lama jadi kerdil. Karna buat konsumsi sendiri aku paling ogah nyemprot pake pestisida. Paling yg kena putu aku semprot pake air atau kalau sdh terlalu banyak tinggal ambil gunting lalu kres-kres daun yg terserang aku babat habis.

 

 

Jpeg

9 pemikiran pada “Terong Asam

    • Alamat ibu dimana saya sudah budidayakan terong asam ini di wilayah perawang riau … Kalau ibu mau bibit nya saya kirim via tiki dech.. Nanti biaya nya kita sesuaikan ke alamat pembeli… Ni nope saya 082383922597…. Karena di riau harga terong asam ini di kisaran 20.000 – 25.000 harga het nya..salam sukses selalu ya..salam tani dr riau indonesia

  1. Bagi teman teman di seluruh indonesia saya bisa kirim bibit terong asam ini via tiki…kalau anda minat silahkan tinggalkan pesan di nope 082383922597 atau kirim pesan ke email saya..salam sukses buat pecinta tani seluruh indonesia…

Tinggalkan Balasan

