UDANG MASAK KECOMBRANG

Salah satu requstan anak utk syukuran ulang tahunnya cumi masak kecombrang. Karna masak cumi sedit lebih tricky, salah-salah masak bisa jadi karet cumi. Saya bilang sama si kecil supaya cuminya diganti udang aja, untungnya dia mau.

Jpeg

Resep ini sebenarnya dapet dari detikfood cumi masak kecombrang. Tapi karna diterapkan diudang saya modif dikit lagian aroma kecombrang nggak semua orang doyan jadi memasukkannya saya lebih hati2x. Untuk 2 kg udang saya hanya masukkan 1 buah bunga kecombrang yg saya rajang halus. Aromanya masih tercium samar-samar. Ternyata banyak yg suka, sebelum acara lupa moto, untung masih tersisa sedikit untuk didokumentasikan.

Resep

2 kg udang kupas kulit

Haluskan

3 bh bawang putih

1 ruas jahe

1 sdt merica bubuk

garam

 

Untuk menghilangkan amis saya cuci dengan 1 sdm angciu baru saya bilas

5 btr bawang merah iris kasar

2 siung bawang putih iris kasar

2 bh cabe besar iris

5 btr cabe rawit iris

1 buah bunga kecombrang

1 bh jeruk nipis

garam

 

Campur

1 sdm kanji

1 sdm tepung beras

2 sdm terigu

1 sdt baking powder

 

Cara

Campur udang dengan bumbu halus biarkan minimal 1 jam

Ayak diatas udang campuran tepung aduk sampai rata baru goreng sebentar di minyak panas. Angkat lalu sisihkan

Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe dan daun kecombrang. Aduk sebentar masukkan udang yg sdh digoreng. Beri garam

Matikan api lalu kucuri dengan air jeruk nipis

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

