TERONG KUNING/ TERONG TELUNJUK

Baru tau kalo ternyata ada terong yg berwarna kuning setelah ngintip facebooknya temen, karna sepengetahuanku terong warnanya cuma ungu, ijo dan putih kalaupun ada yg berwarna kuning bentuknya bulat dan berasa asam atau oleh orang kalimantan disebut juga terong asam.

Awalnya sih sama sekali tidak tertarik untuk menanam terong ini yg dilirik pertama bibit cabe berbentuk unik yaitu peter peper. Mempertimbangkan ongkos kirim spy murah ditambahkanlah bibit terong ini sekalian menuntaskan rasa penasaran, sama rasanya..

Ternyata nanamnya nggak susah dari sekian banyak yg disemai rata-rata hidup semua sampai – sampai sebagian saya bagikan ketetangga dan teman tujuannya biar mereka tertular samangat menanam spt saya :). Seiring perjalanan waktu…ternyata pohon terongnya terserang kutu putih tertular dari pohon kamboja tetangga sebelah rumah. Mulai deh melakukan misi penyelamatan. Daun-daun yg terserang kutu putih dipangkas. Supaya tidak tertular lagi terongnya saya pindah ke halaman belakang rumah.

Ternyata misi berhasil…daun-daun sehat mulai bermunculan. Dan tak lama berselang  bunga kecil berwarna ungu.

DSC00706

Wuih…nggak lama lagi bakal bisa panen terong. Ternyata perkiraan saya salah saudara-saudara. Bunganya layu setelah sempat berkembang sebentar. Apa yg salah ya…hmmm coba dikasih kotoran kambing, siapa tau kurang pupuk. Ternyata hasilnya tetep sama….bunga jatuh sebelum menghasilkan buah.

Asem benar, masak sudah nanem sekian lama nggak nikmati hasil.  Saya pangkas lagi daun-daunnya sambil saya bisikan ancaman. Kalo sampai bulan depan saya nggak ngeliat buah, nggak hanya daun yg saya pangkas tapi kamu langsung saya buang. Hoo…ho….ternyata ancaman saya berhasil…

  Jpeg

Jpeg

Tinggalkan Balasan

