PISANG IJO

DSC00285

Karna di Denpasar jarang mempunyai kenalan yg muslim selama ini yg kami datangi utk bersilahturahmi saat lebaran adalah tetangga depan rumah. Itupun biasanya setelah lebaran hari ke sekian, karna menunggu mereka pulang dari mudik ke kampung halamannya di Lumajang.
Untuk lebaran kali ini pulang silahturahmi kami malah dioleh-olehi. Salah satunya pisang Agung, bisa dikatakan ini pisang khas Lumajang dengan ukuran jumbo. Besarnya mungkin ada 5xnya pisang biasa. Mirip-mirip pisang tanduk atau nangka.
Untuk rasa, kalo dimakan begitu saja kurang enak. Tidak dianjurkan juga untuk campuran kolak atau olahan manis. Yang paling enak adalah dikukus, dibiarkan dingin baru dimakan maka akan terasa manisnya. Oalah…makanya kenapa dulu waktu dibuat campuran jus rasanya aneh….

DSC00942A
Untuk pisang yg dikukus jujur saja saya kurang begitu doyan., untuk mengakalinya maka pisang Agung ini saya buat jadi pisang ijo khas makasar. Pisang saya kukus dulu biar citarasanya keluar baru saya bungkus dengan lapisan tepung beras yg tidak terlalu manis. Rasanya jadi mantap…
Disini pake resepnya mba Endang ternyata emang enak….Dulu pernah bikin juga tapi rasanya tidak seenak sekarang karna pake resep kira-kira. Oh iya disini adonannya aku tambahkan 1 sdm butter.
Bahan
15 bh pisang kapok aku disini pake 3 buah pisang Agung
200 gr tepung beras
200 gr terigu
500 ml air pandan (satu ikat pandan aku blender dengan air lalu saring)
600 ml santan kental (aku pake santan kara instan 200 ml + air)
50 gr gula
1 sdt garam
3 tetes pewarna ijo

 

Bubur Sumsum
600 ml santan kental
5 sdm tepung beras
1 sdm garam
2 lbr daun pandan

 

Pelengkap
Sirup
Susu kental manis (aku nggak pake)
Es Batu

 

Cara
Campur gula, terigu dan tepung beras jadi Satu
Tuangi dengan air pandan dan santan, Aduk rata dan saring.
Kukus lebih kurang 2o menit
Saat awal diangkat aku masukkan buter sambil diuleni dengan centong nasi sampai kalis
Ratakan adonan diatas plastic wraping. Taruh pisang diatasnya bungkus
Kukus adonanan lebih kurang sepuluh menit
Untuk bubur sum-sum campur semua bahan lalu didihkan sambil terus diaduk hingga mengental
Cara penyajian
Potong pisang ijo, sendokkan bubur sum-sum, tuangi sirup dan susu kental manis dan potongan-potongan es.

 

 

Tinggalkan Balasan

