ARANCINI

DSC00896

Paling susah tuh ngukur kebutuhan nasi dirumah.  Dimasakin pas, makannya nambah jadi kurang. Dimasakin lebih makannya ngepas, akhirnya nasinya kebuang. Emaknya pusing choy…..

Lah aku itu punya kebiasaan sayang ngebuang nasi, kalo dibuang itu rasanya gimana gitu, yah kecuali nasinya lupa kesimpan  sudah gitu jadi basi, mau gimana lagi. Akhirnya kelebihan nasi aku simpan dikulkas buat dibikin nasi goreng atau bubur. Pernah juga sih dibuat campuran adonan roti tp rasanya jadi aneh xiiixiii…..

DSC00900

Jalan-jalan ke blognya M. Citra Dewi simply cooking ketemu resepnya bola-bola nasi khas Itali, jadi punya alternatif memanfaatkan nasi sisa.

Bahan

300-350 gr nasi dingin

1/2 siung bawang bombay

1 siung bawang putih

1 sdm minyak utk menumis

1 sdm butter

1/2 potong dada ayam cincang

100 ml susu atau secukupnya

1 btr telur

garam dan merica hitam secukupnya

keju mozarella aku pake ouick meltnya kraft

 

pelapis

terigu

2 btr telur aku pake Putih telur karna stoknya masih ada dikulkas

bread crumb atau tepung roti

 

Cara

  • Panaskan minyak goreng, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai wangi
  • Masukkan dada ayam yg sdh dicincang tumis sampai berubah warna. Lalu tuangi dengan susu
  • Tambahkan dengan nasi masak hingga meletup-letup. Matikan api
  • Beri garam dan merica biarkan dingin
  • Masukkan satu butir telur kedalam nasi, aduk rata
  • Ambil adonan taruh potongan keju ditengahnya lalu dikepal…kalo caranya mba Dewi tangan harus basah dan bersih. sedang berdasarkan pengalaman bikin bento paling enak ngepal nasi pake plastik wraping
  • gulingkan bola-bola nasi diatas tepung terigu, lalu ke telur terakhir lapisi dengan tepung roti
  • Panaskan minyak dalam wajan lalu goreng. Karna goreng arancini harus dalam keadaan tenggelam, aku pake panci kecil goreng hingga kuning kemasan
  • Angkat dan sajikan bersama saus sambal.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s