LEMPAH IKAN

Jpeg

Frezer lagi penuh sama stok daging sapi dan ayam, biasa awal bulan. Karna sdh nggak memungkinkan lagi buat masak di toko jd mesti nyetok agak banyak. Masaknya kan mesti pagi atau malam, sedang pasar agak jauh.

Lha kok ya minggu ini aku kebanjiran ikan. Awalnya diberi salmon lokal sama customer,selang 2 hari dikasih bandeng asap sama mantan pimpinan kerja dulu. Dua ikan itu belum terolah dapat kiriman potongan ikan tongkol dan 3 ekor ikan ekor kuning. Freserku langsung kelebihan muatan, tongkolnya langsung digoreng dan dibumbu Bali. Welah dalah kemarin dapat lagi kiriman ikan dari tetangga kali ini isinya macem2x ikan. Bener-bener overload akhirnya daging aku ungsikan kebagian atas. Ikan udah nggak masuk dalam kotak lagi tapi cukup dalam plastik.

Masalah tempat teratasi, sekarang mau di masak apa. Digoreng terus bosan ah. Inget waktu dulu nonton masterchef 2 Cc Desy masak ikan Lempah Kuning masakan khas bangka. Sepertinya enak apalagi pake nenas buah kesukaanku. Ternyata emang enak, rasanya seger spt nano-nano manis, asem, asin pedas.

Haluskan
2 siung putih bawang putih
7 siung bawang merah
1 sdm terasi
3 cabe besar
3 cabe rawit
3 cm Kunyit tua
3 cm Lengkuas
5 btr kemiri

Bahan
2 bh Nenas potong-potong
Belimbing wuluh di skip karna lupa beli
3 Bh tomat
Serai
Daun Salam
Asam jawa
Gula Merah
Cabe rawit air

Cara
Tumis bumbu halus sampai harum
Masukkan daun salam, serai tuangi air didihkan, masukkan gula jawa dan asam
Masukkan cabe rawit dan nenas.
Masukan ikan,
didihkan dengan api kecil

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s