PUDING BLACK FOREST

DSC00795

Nggak terasa si sulung sudah memasuki usia 15 th…hua cepatnya waktu berlalu. Serasa baru kemarin dia belajar merangkak, belajar berjalan lho tau – tau tingginya sdh melampaui papinya. Sudah lulus SMP dan masuk SMA.
Untuk ulang tahunnya kali ini nggak mau di buatkan kue tart maunya dibuatkan pudding yg banyakkan aja. Cause dia suka banget yg namanya pudding coklat. Tantenya ngusulkan dibuatkan pudding black forest. Okelah hanya berdasarkan gambaran cerita si ade aku bikin pudding coklat ini. PD nggak pake resep cause puding kan nggak ada cerita bantat.
Yang ditakutkan hanya satu yaitu antar lapisan nggak nyambung. Ternyata kali ini sukses kuncinya adalah bekukan lapisan bawah baru atasnya tuangi adonan puding panas-panas untuk lapisan atasnya.
Syukurlah anakku doyan banget. Nggak hanya anakku yg doyan ternyata ponakkan dari Bandung juga suka. Bolak-balik nambah sampai kekenyangan.

DSC00783
Puding Coklat
2 bungkus agar agar coklat
1 ltr susu UHT Coklat
400 ml susu ultra plain
200 gr gula
250 gr dark coklat
50 gr bubuk coklat
4 btr kuning telur

Puding Putih
1 bungkus agar-agar bening
100 gr gula
600 ml susu ultra plain
100 ml whipping cream
1 sdm rum
1 sdm vanili
½ kaleng darkcherry kaleng

Cara adonan coklat
1. Campur gula dan bubuk agar-agak aduk rata
2. Tuangi susu panaskan sampai panas tapi jgn sampai mendidih. Masukkan bubuk coklat
3. Kocok kuning telur tapi tdk usah sampai mengembang. Tuangi dengan sebagian adonan agar-agar. Aduk rata. Masukkan dalam larutan susu. Masukkan dark choklat aduk sampai coklat meleleh.
4. Tuang sebagian dalam cetakkan pudding lalu bekukan.
5. Atur chery tuangi dengan adonan putih yg masih panas. Bekukan lagi baru tuangi dengan adonan coklat yg masih panas.
Cara adonan putih
1. Aduk gula dan bubuk agar-agar
2. Tuangi susu ultra panaskan. Masukkan whipping cream
3. Masukkan rum dan eseen vanili.

DSC00774

Iklan

MAPO TAHU

Pertengahan Mei kemarin sdh bertekad untuk membetulkan pembukuan toko. Sudah saatnya dibikin professional. Masa dulu kerja bikinkan laporan keuangan buat orang bisa. Lah saat punya usaha sendiri malah berantakkan.
Mulai dengan stok opname diakhir bulan Mei. Ngisi data-data awal di bulan ternyata benar-benar menyita tenaga, waktu dan pikiran. Jujur aja sdh hampir 7 tahun nggak ngotak ngatik data. Alhasil pulang kerumah udah bener-bener dalam kondisi cape.
Waktu utk bikin kue nyaris nggak ada. Masak pilih yg simple-simple aja. Terbantukan setelah liat di AFC easy Chinese cooking.
Kali ini praktek bikin Mapo tahu. Yang bahannnya tinggal cemplang – cemplung aja.
Bahan
100 gr daging sapi cicang
2 siung bawang putih
1 sdm jahe
1 bh cabe
1 sdm saus cabe lee kum kee
1 sdm arak beras
10 potong tahu potong kitak-kotak kecil
2 sdm kecap asin
Sejumput garam
100 ml kaldu
1 sdm maizena yg sdh diencerkan
Minyak wijen
Daun bawang prei
Cara
1. Tumis bawang, jahe dan cabe
2. Masukkan daging cincang aduk rata. Masukkan saus cabe lee kum kee, tuangi dengan arak beras.
3. Masukkan potongan tahu, aduk dan tuangi dengan kecap asin, garam lalu kaldu. Didihkan kentalkan dengan maizena . Beri beberapa tetesan minyak wijen.
4. Taburi dengan irisan daun bawang.

DSC00742A

CHAI PO NENG

DSC00802A

Chai Po bisa dikatakan asinan lobak. Di rumah masaknya sederhana dan mengunakan hanya sedikit bahan. Walau sederhana ini merupakan salah satu makanan favoritku dari kecil. Cukup dimakan dengan bubur atau nasi. Rasanya memper-memper ikan asinlah karna lebih dominan rasa asinnya he…he…
Kali ini asinan lobaknya bikin sendiri. Berdasarkan petunjuk mami tercinta yg dulu pernah melihat almarhum nenek membuatnya.
Caranya membuatnya simple banget. Ambil beberapa lobak, cuci dan keringkan. Kupas Kulit luarnya baru potong-potong memanjang. Jemur lebih kurang delapan jam, kalau bikinnya malam bisa juga diangin-anginkan dalam wadah berlubang sampai bentuk lobaknya agak menyusut. Remas dengan garam dan diamkan dalam wadah berlubang lebih kurang delapan jam. Lobak akan berubah warna menjadi kecoklatan dan agak basah. Seka lobak masukkan dalam toples dan lobak siap diolah atau bisa disimpan dalam jangka waktu yg cukup lama.
Bahan
100 gr cai po
2 btr telur kocok
2 siung bawang putih cincang halus
1 sdt gula pasir.
Minyak goring

Cara
Cuci asinan lobak lalu potong-potong menjadi dadu kecil-kecil
Panaskan minyak. Tumis lobak, masukkan telur dan bawang putih. Lalu buat orak – arik.
Taburi dengan gula
Masakkan siap dihidangkan.