YOGURT

Sebenarnya dulu pernah nulis di MP cara bikin yogurht sebelum MPnya almarhum…Karna saya gaptek dan tulisan di MP nggak banyak alhasil tidak ada satupun yg berhasil dipindahkan he..he…

Nasi sudah menjadi bubur, kali ini buburnya kita bikin aja jadi bubur ayam alias saya tulis ulang aja disini. Biar besok-besok bisa diturunkan ke mantu jauh amat mikirnya 😛

Untuk bikin yogurt sebenarnya gampil banget, cuman berbekal susu UHT dan plain yogurt. Nah yogurt kita tadi bisa jadi bibit utk membuat yogurt lagi.

Dulu awal-awal sempat binggung cara buatnya apalagi disarankan pake susu Murni, tau sendirikan Denpasar tidak spt Bandung atau Malang yg gampang banget dapet susu sapi Murni. Dapet solusi bikin dari susu UHT ditambah susu bubuk fullcream.  Kalo susu UHT stok dirumah hampir tdk pernah kosong apalagi kalo ada diskon pasti persediaan dirumah jadi bejibun. Yang jadi kendala adalah susu bubuk full cream, cause anak sdh pada besar-besar jarang ada susu bubuk dirumah. Alhasil yogurt jarang bikin.

Waktu sibuk pindah-pindah toko, makan jarang terurus. Boro-boro mikirin makanan sehat masak aja udah nggak. Cara mudahnya tinggal jajan diluar. Jajannya minim dengan yg namanya sayur alhasil jadi pada bolak balik kena sariawan. Waduh harus segera ambil tindakkan nih menyehatkan usus satu2nya salosi mengaktifkan bikin yogurt lagi. Malesnya dibuang dulu jauh-jauh.

Susu fullcream nggak ada coba-coba aku skip dari pembuatan ternyata berhasil juga tuh.

Oh iya untuk bibitnya sendiri aku udah nyoba pake beberapa Merk termasuk pake Yakultpun pernah. Ternyata semua berhasil cuman yg membedakan adalah rasa akhirnya.

Bahan

1 ltr susu UHT aku pake ultra

1 bungkus kecil susu full cream

1 cup Yogurt plain

 

Cara

Larutkan full cream bersama UHT, Masak sampai hangat…Tidak boleh terlalu hangat yg penting masih bisa dipegang pake jari. Kalo mengeluarkan asap diamkan sebentar sampai agak hangat

Masukan yogurt plain. Masukkan dalam alat pembuat yogurt setel timer biasanya aku bikin malam besok paginya sdh selesai.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan yogurt

  1. kebersihan alat.
  2. Saat memanaskan susu adalah tidak boleh terlalu hangat,  Cukup lima menit dengan api kecil. Terlalu hangat bibit akan mati dan yogurt yg dihasilkan pecah

  3. Tanda yogurt berhasil adalah susu mengental dan mengeluarkan bau asam segar dan bukan bau asem basi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s