Sambel ala Bu. Rudy

DSC00580

Mau cabe rawit naik sampai 100 rb perkg buat saya mah nggak ngefek…wong saya bukan pecinta sambel. Hampir dipastikan jarang ada sambel dirumah padahal suami dan anak yg paling besar doyan habis sama yg namanya sambel. Tau bininya jarang bikin sambal kalo ada sisa sambel dari beli lalapan pasti disimpan di kulkas dan dieman-eman kayak barang berharga ha…ha…ha….

Kalo lagi mood beli cabe rawit 1 ons dipasar simpan dikulkas asal dalam kondisi kering bisa awet sampai satu bulan lebih. Sewaktu-waktu bisa bikin sambel, sebulan paling banter 5x bikin sih :P. Ini dengan catatan nggak ada mertua.  Kalo ada mah pasti tiap hari bikin. Mertua ngalahin anaknya kalo makan sambel. Pedasnya mantaffff,  aku nggak berani ngicip.

Keluarga besarku jujur aja bukan pencinta sambel. Bisa dikata hanya aku yg bisa makan sambel dgn catetan cabe 1,  lbh dari itu siapkan air setengah liter he…he..he…Adeku yang laen boro-boro…makan indomie pake cabe bubuknya aja sdh kepedasan. Makanya nggak heran awal nikah aq nggak bisa bikin sambel. Masih ingat komentar suami saat pertama makan sambel buatanku

“Mah ini sambel apa kok asin banget?”

Kebetulan aku ini type orang yg nggak gampang menyerah dan mau belajar. Dulu dirumah mami pembantunya jago bikin sambel. Belajarlah aku sama dia gimana caranya bikin sambel.

Nah sekarang kebetulan cabe lagi murah sempet nanya dipasar Badung 1kg 16 rb. Aku mau coba bikin sambel bu Rudy …googling di internet kayaknya gampang banget. Beli 1/4 mau coba bikin ah.DSC00582

 

Kata suami sih udah memper banget sama sambel bu. Rudy. Jadi sekarang nggak usah nunggu kiriman ade ipar dr Surabaya . Aku sendiri  jadi doyan walaupun bentar2x sambil makan minum air.

Ketagihan makannya jadi ketagihan juga bikinnya, waktu pergi kepasar kemarin beli  cabe lagi. Kali ini 1 kg lumayan buat stok sambel kali aja bisa buat stok 1 th. 😛  . Tapi tentunya nggak semua dibuat sambel ala bu Rudy. Sebagian lagi aku buat sambel trasi.

DSC00587

SAMBEL ALA BU. RUDY

Bahan

1/4 kg cabe rawit

1/4 kg bawang merah

1 btr bawang putih

1 sdm ebi sangrai lalu haluskan

1 cup minyak goreng.

garamsecukup

penyedap secukupnya (aku pake penyedap dari jamur)

Cara

  1. Cabe dan bawangnya sebagian aku masukkan blender tp tdk terlalu halus, Sebagian lagi aku biarkan utuh
  2. Panaskan minyak goreng. Masukkan bawang dan cabe. Aduk-aduk beri ebi, garam dan penyedap.


 

 

2 pemikiran pada “Sambel ala Bu. Rudy

Tinggalkan Balasan

