PLECING GONDO DAN IKAN GORENG

 

Menu makan siang hari ini aq buat simple aja. Goreng ikan, sambal terasi dan plecing daun gondo. Daun gondo ditempat lain nggak tau nyebutnya apa? Di Kalimantan sih rasanya nggak ada. Au kalo ditempat lain ada….
Sebelumnya blas nggak tau. Baru ngeh waktu makan ayam betutu karna pesennya paketan dapatlah plecing gondo ini. Awalnya disangka kangkung, karna batangnya yg matang mirip banget dgn batang kangkung yg spt sedotan. Rasanya memper-memperlah, walau ada sedikit rasa pahitnya.
O’ iya daun gondo ini ngolahnya harus di blancing dulu, kalo tidak akan tercium bau spt daun sirih walaupun samar. Menurut aku paling enak kalo dibuat plecing dan urap sayur. Pernah bikin sayur tumisan pake gondo rasanya malah aneh.

DSC00536
Sedang ikan ini merupakan salah satu kesukaan suami. Aku nggak tau namanya. Aku dan suami menyebutnya ikan susah…Soalnya pertama kali makan ikan ini waktu suami tugas di Probolinggo dan kehidupan kami pas-pasan banget. Lah supaya cukup gaji suami untuk 1 bulan, ikan ini beli cuman berapa ekor udah gitu makannya 1 orang dijatah cukup 2 untuk sepiring nasi. Padahal kalo dihitung harga perekor ikan waktu itu cuman Rp 200,-. Jangan dipikir ikannya besar ya….Ikan yg aku beli besarnya cuma setelunjuk orang dewasa.

Sekarang kalo pengen dibuatkan ikan ini suamiku cuman pesan dibuatkan agak banyakkan dan jangan dijatah lagi ha…ha…ha….

DSC00530

PLECING GONDO
3 ikat gondo…petiki daunnya cuci bersih lalu blancing dgn air yg sdh diberi garam dan gula
2 siung bawang putih
1 bh cabe besar
3 bh cabe rawit
1 sdt terasi bakar
2 bh jeruk lemo
3 sdm Minyak
Cara
• Ulek bawang, garam,terasi dan cabe sampai halus
• Panaskan minyak goreng sampai berasap
• Tuang diatas ulekkan cabe
• Kucuri dengan air jeruk lemo
• Campur daun gondo yg sdh diblancing

DSC00537A

 

IKAN GORENG
½ kg ikan bersihkan diair mengalir jgn sampai tersisa darahnya
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar di sangrai sebentar
Garam
Jeruk nipis

Cara
• Lumuri ikan yg sdh dicuci bersih dengan perasan air jeruk nipis
• Ulek bawang putih, ketumbar dan garam
• Lumuri ikan dgn bumbu diamkan minimal ½ jam sampai bumbu meresap
• Panaskan wajan pengorengan sampai berasap tp jgn sampai minyak gosong
• Masukkan ikan, kecilkan api. Goreng sampai garing

SAMBAL TERASI Ala MERTUAKU
10 btr cabe rawit
1 sdm terasi bakar
Cara
Haluskan cabe dan terasi tp tdk usah dikasih garam cause menurut mertua terasinya sdh ada rasa.
DSC00539

Iklan

Satu pemikiran pada “PLECING GONDO DAN IKAN GORENG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s