ROSEMARY

DSC00541

Halaman belakang rumah nggak besar-besar amat, tapi cukuplah buat sekedar menyalurkan hobbie bertanam.

Namun tidak semua yg aku tanam bisa hidup apalagi herb. Mungkin karna faktor suhu yg mempengaruhi. Denpasarkan terkenal panas apalagi di rumah hampir tidak ada tempat yg teduh baik taman depan maupun belakang. Herbs yg sampai kini bertahan hidup adalah basil, mint dan rosemary.

Disini aku mau bahas tentang rosemary dulu.

Bibitnya dapat beli waktu main ke Malang, sampai Denpasar aku pindah ke pot dan ditaruh ditempat yg kena sinar matahari pagi. Dari waktu ke waktu dilihat rosemary ini nggak bertambah tinggi daunnya pun tidak terlihat segar. Dibilang layu nggak juga. Duh geregetan banget dah. Dicoba pindah langsung ketanah yg kena full matahari malah keliatan ok. Ternyata setelah googling emang si rosemary ini suka akan cuaca panas dan aliran airnya bagus. Ding dong terjawab sudah kenapa selama ini hidupnya ogah-ogahan.

Kalo dilihat cara mengembang biakkannya juga termasuk mudah lewat biji dan stek batang. Next time mau nyoba nyetek. Laporannya akan ku kutulis disini jika berhasil.

Oh iya walaupun rosemaryku belum besar banget tp sdh 2 x ini aku gunakan di dapur. Awalnya Natal kemarin aku jadikan bumbu untuk chiken Rosted ku yg menuai pujian keluarga kecil termasuk mertuaku yg kebetulan ada dirumah,

DSC09945A copy

Sedang yg kedua waktu bikin Froccasia. resepnya bisa lihat di sini

DSC00467A

Aku sebenarnya nggak suka nyium bau daun rosemary segar. Menurut aku baunya aneh . Katanya sih  daun rosemary segar lbh enak digunakan dalam masakkan ketimbang rosemary kering. Dan emang terbukti dua kali aku gunakan ternyata emang enak banget.

 

Tinggalkan Balasan

