WEDANG RONDE

Sebenarnya request an suami waktu ulang tahun kemarin minta dibikinkan wedang ronde.  Asli sebenernya gampang banget bikinnya, yah karna istrinya lagi error rondenya nggak jadi. Adonan yg mestinya habis diuleni, dibentuk bola2x baru dicemplungin ke air panas panas, ini utuh-utuh saya kukus. Alhasil adonan susah dibentuk kalopun bisa jelek banget karna keras..

Namanya istri sayang suami ( cuit2x….) apa yg diminta mesti diingat dan berusaha diwujudkan.hehe..he…he… 🙂

Kali ini bener2x mlototin caranya. Dulu waktu kecil mami pernah ngajarin cuman karna faktor U jadinya lupa. Disini tepung ketan aku campur dengan tepung kanji. Kalo ketan semua rasanya kenyal gimana gitu…sedang kalo dicampur kanji rada licin dikit jadi gampang meluncur ditenggorokan. P

Kuahnya pake gula aren cair, kebetulan dapet dari tetangga yg habis pulang dari kupang. Jadi ada rasa kecut2xnya

DSC00514A

Bahan

50 gr kanji

100 gr tepung ketan

1 Sdm gula pasir

1/2 sdt garam

100 ml air panas

Kuah

4 cm Jahe

3 lbr daun pandan

gula aren

air 1/2 lt

kacang tanah goreng buat taburan

 

Cara

  1. Campur tepung ketan, tepung kanji, gula dan garam
  2. Masukkan air panas, Aduk ulenei sampai bisa dibentuk
  3. Didihkan air
  4. Buat bola-bola kecil. Masukkan ke dalam air panas
  5. Tungu sampaio bola-bolanya mengapung  kepermukaan
  6. Angkat,tiriskan lalu  siram dengan air dingin

 

Kuah

Didihkan air, Masukkan jahe yg sdh digeprak,daun pandan dan gula aren.

Siram kuah keatas ronde baru taburi kacang tanah goreng

 

DSC00515A

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s