SOUFFLE DURIAN

DSC00393A

Rata-rata kita orang asia demen sama yg namanya buah durian, beda dengan orang Eropa yg nggak begitu suka dengan aroma durian yg menurut mereka menusuk dan bikin mual. Padahal menurut kita uenak tenan.

Inget waktu kecil musim durian adalah musim yg ditunggu. Bangun pagi, satu rumah naek mobil Taft merah berburu durian sampai ke plosok-plosok kampung. Papi pasti berbekal pisau utk belah duren….eit jgn disamakan sama lagu Jupe yang ini buat belah duren beneran. Papi paling ahli dah kalo disuruh milih buah yg matang pohon. Entah itu dengan di baui ataupun ditepuk kulit buahnya. Ujung-ujungnya kita bakal menikmati buah durian yg manis.

Sayangnya keahlian memilih buah durian nggak nurun ke aku. Beli tiga buah, ternyata yg manis cuman dua yg satu buahnya masih mentah. Padahal udah pake nyolet isi dalemnya. Ya sudah ketimbang kesel mending di bikin souffle aja siapa tau enak.

PD  karna bikin souffle yg pertama berhasil. Kali ini resep sendiri …khan sudah tau tehnik bikin souffle. Rada manis sedikit sih…next time kurangi gula.Tapi so far rasanya nggak mengecewakan.

DSC00399A

Bahan

6 biji buah duren ambil dagingnya haluskan pake garpu

1/4 cup gula

1/4 bh jeruk nipis

2 sdm butter

sejumput garam

200 cc susu

1/4 cup terigu

3 btr kuning telur

3 btr putih telur

Cara Krim Susu

Hangatkan susu, mentega dan duren

Masukkan terigu dan garam. Masak hingga mengental beri garam

Masukkan kunig telur aduk rata lalu sisihkan

Kocok putih telur sampai agak mengental, masukan air jeruk nipis kocok bersama gula sampai kaku

Ambil adonan putih telur sebagian masukkan dalam krim susu. Aduk rata. Baru masukkan semua kedalam putih telur.

Tuang kedalam ramekin yg sdh diolesi mentega dan ditaburi gula. Taburi atasnya dengan gula pasir.

Panggang 30 menit.

Hidangkan selagi hangat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s