CHEESE CROISSANT

DSC00351

Rasanya belum sampai 1 bulan bikin croissant. Kali ini bikin lagi. Hasil yg kemarin buat aku belum memuaskan dari segi rasa, enak sih tp masih ada sesuatu yg kurang. Resep  tidak mengalami perubahan kecuali cara mengolah butter. Disini butter beku aku iris tipis2x baru taruh diatas adonan.Perasaanku pekerjaan jauh lbh gampang dan pemakaian butternya jd lbh hemat juga.

Bikinnya juga lebih cuek dari yg kemarin.Kalo yg kemarin ditungguin setiap 1 jam adonan digilas. Kali ini aku biarkan agak lebih lama didalam kulkas. Sambil beberes rumah, beberes taman dan ngecet toko lama. Alhasil croissantnya jadi lebih empuk. Gilasnya juga jauh lebih gampang karna butter nyaris nggak ada yg bocor.Kemarin aku pake Elle yg sekarang pake ORchid butter.

Oh iya yg kali ini tepungnya bukan pake tepung utk roti tp aku pake tepung untuk bikin cake. hasilnya jauh lebih empuk. Biasa kepo langsung minta pendapat ke suami. Seumpama masterchef buat aku, anak dan suami jurinya. Anak2x sih seperti Vindek atau Marinka sedang suamiku spt Juna. Galak tp ganteng he…he….(uang jajan ditambah ya honey :)) Kali ini suami bilang enak banget.

Aku bikinnyanya malam biar sarapan besok  nggak terlalu repot. Paginya tinggal dihangatkan sebentar. Kalo mau permukaannya kriuk-kriuk krispi tinggal masukan ke philips air fryer selama 10 menit. Sebagian adonan aku bekukan, pengen tau apakah bisa…. 🙂

Bahan

200 ml air

100 ml susu

3 cup terigu utk cake

1/2 cup terigu utk roti

1/2 bks fermipan

5 sendok makan gula

1 sdt garam

3/4 kotak orchid butter

Keju dipotong memanjang

Cara

Aduk jadi satu tepung terigu, gula dan ragi

Tuangi dengan susu dan air. Aduk sampai kalis. Masukkan garam.

Taruh adonan dalam nampan simpan dalam kulkas lbh kurang 2 jam.

Keluarkan adonan gilas berbentuk kotak. Taruh atasnya dengan irisan butter. Lipat dgn lipatan amplop (butter disini aku taruh sebagian dulu)

Gilas lalu bikin 3 lipatan. Gilas masukan dalan kulkas. Cuekin aja baru stlh 2 jam. Bikin 3 lipatan lagi gilas. Taruh irisan butter diatasnya bikin 3 lipatan lagi Gilas  Masukin kulkas. cuekin lagi minimal 2 jam. Lakukan ini sampai 3 x.

Lipatan terakhir potong2x adonan jadi segitiga. Taruh keju diatasnya gulung biarkan 1 jam dalam suhu ruangan. olesi kuning telur baru panggang lebih kurang 30 menit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s