CROISSANT

DSC00297

Paling suka liat Anna Olson bikin kue. Kayaknya kue apa aja pasti oke ditangan beliau. Makanya kadang tayangannya suka aku rekam pake kamera maklum nggak punya handycam. Kalo nyatat pake tangan mesti lupa mulu caranya. Lagian suka kelewat.Baru nulis telur eh di tv udh nyampe cara buat.
Satu kali beliau nunjukin cara bikin croissant. Ituloh roti Prancis yg berlapis-lapis. Roti ini kegemaran suami. Jadi semangat ngikutinya. Apa daya nonton awal kelewatan. Ngeliatnya bikin adonannya tinggal penyelesaian akhir. Halah…halah untung ada tanyangan ulang. Lha kok pas tayangannya anak masuk rumah sakit. Sebel banget.
Sekian lama dinanti tayangan ulang ada lagi……Belain nonton sampai malam buat bisa merekam proses pembuatan adonan croissant ini. Hore….kali ini berhasil ngeliat dari awal sampai akhir.
Sekarang proses eksekusinya . Ternyata nggak segampang yg terlihat. Masalah paling utama saat mentega sdh dimasukkan dalam adonon. Pas gilas sebagian butter ada yg keluar . Mau nggak mau masukin lagi kedalam kulkas.
Hasilnya lumayanlah. Walau masih belum pas bener. Mungkin karna prosesnya aku ada yg kelewatan. Adonan setelah dibentuk harusnya di diamin dulu baru dioven.Karna nggak sabar langsung oven aja.Next coba lagi.  : )Semangat

DSC00294

Bahan
1 Cup air
½ Cup susu cair (pake diamond ijo)
3 ½ cup terigu
5 sdm gula pasir
2 ½ sdt ragi
1 ½ sdt garam
2 sdm mentega
200 gr butter suhu ruangan dipipihkan diplastik. Masukkan dalam Kulkas
Cara
Campur semua bahan kering kecuali garam (karna garam sebenarnya mematikan kerja ragi). Aduk rata
Masukkan mentega uleni lagi.
Ambil kertas roti taburi dengan terigu. Taruh adonan diatasnya tutup dengan serbet bersih. Tutup lagi atasnya dgn plastic wraping.
Masukkan dalam kulkas minimal 1 jam
Keluarkan adonan dari dalam kulkas. Gilas tipis. Taruh Butter diatasnya. Lipat spt amplop, Masukkan lagi dalam kulkas Minimal 1 jam.
Lipat 3 lipatan. Gilas. Masukkan lagi dalam kulkas.
Gilas lipat lagi jadi 3 lipatan. Gilas masukkan dalam kulkas. Setelah 8 jam Gilas
Potong2x taruh Isi gulung. Dimankan hingga adonan mengembang baru panggang.

DSC00293

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s