MANTAO

DSC00259

Sebenarnya ini PR dari anakku yang paling besar. Dia doyan banget sama yg namanya steam bun baik itu bakpao atau mantao. Seperti biasa mamanya selalu bilang nggak usah beli entar mama bikin sendiri. Mentang2x ada pinjaman bread maker dari ade tercintah..jadi bikin model2x begini kayaknya gampang banget. Nggak usah keluar banyak tenaga buat banting-banting atau nguleni.he..he…he…

Resep awalnya ngasal suka-suka aku. Karna selama ini dalam pikiran ku adonan bakpao, roti dan donat  sama aja. Kalo dikukus jadinya bakpao, digoreng jadinya donat, dipanggang jadinya roti. Ternyata perotian tidak semudah itu teman dan aku salah besar. Pembuatan pertama bakpao kacang ijo.

Anakku bilang “Enak mah cuman kok rasanya mirip roti ya?”

Aku bilang” Emang begitu rasa bakpao”

Anakku menjawab lagi” Beda baunya mah, Coba entar kita beli”

TOTOT….betul aja begitu beli rasanya emang beda.Ok…ok maminya mengakui salah. Mari kita goggling mencari resep steam bun yg sesungguhnya. Nemu resep dan cara pembuatannya di youtube

Hmmm kali ini menuai pujian walaupun masih kurang dikit.

 

Bahan

300 Ml susu

5 Tbs gula

1/4 sdt garam

2.5 sdm coconut fat diganti 5 ml minyak

500 gr terigu

7 gr yeast

Cara

  • Hangat susu, minyak dan gula
  • Tuang dalam mangkok yg berisi terigu, ragi dan garam
  • Uleni hingga adona kalis
  • Diamkan 5 menit tutup dengan kain atau mangkok
  • Gilas. buat 3 lipatan. Lipat lagi. Gilas sampai melebar olesi dengan air aku sih pake susu cair. Baru gulung
  • Potong taruh diatas kertas roti. Diamkan 45 menit baru dikukus

DSC00244DSC00247DSC00249

  • DSC00251  DSC00253   DSC00256

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s