Orange Chiffon Cake

DSC00219

Kalo diambil poling dirumahku Jenis cake apa yang paling disukai? pasti jawabnya Chiffon Cake. Dari suami, anak dan saya sendiri doyannya kue ini. Mungkin karna tekstur kuenya lembut dan spongy waktu digigit. Ditambah lagi karna hanya menggunakan minyak kue ini termasuk jenis yg low fat jadi sudah bisa dipastikan nggak bikin saya gemuk xixixiii…..

Dilihat dari harga jualnya Chiffon cake ini termasuk cake yang murah loh. Satu loyang berkisar 15 s/d 20 rb.  Padahal long-long ago resepnya  pernah menjadi misteri selama 20 tahun utk pembuatannya dan hanya utk konsumsi kalangan terbatas termasuk  para bintang hollywood.

Mungkin salah satu faktor lagi yg membuat kue ini nggak bosenin adalah rasanya yg gampang diubah dengan berbagai rasa. Moodnya pengen nambah duren tinggal tambahain aja durennya. Mau diganti rasa coklat atau keju itu juga bisa.

Sedang untuk tingkat kesulitan dalam pembuatannya hampir tidak ada. Yang penting ngocok putih telurnya bener aja dan saat mendinginkan dalam posisi terbalik digantung dileher botol supaya strukturnya nggak ambles.Pake loyangnya yg bolong ditengah agar saat pemanggangan suhunya merata.

Hari ini moodnya saya bikin yg orange . Jadilah Chiffon cake aroma jeruk campuran lemon

ORANGE CHIFFON CAKE

Bahan A

6 kuning telur

50 gr nutrisari bubuk

75 Ml Minyak

100 Ml Susu cair

1 bh lemon diparut ambil kulitnya

Bahan B

120 gr terigu

1 sdt baking powder

Bahan C

6 putih telur

1/2 sdt cream of tartar

100 gr gula

cara

  • Panaskan oven bersama loyang
  • Ayak bahan B jadi satu lalu sisihkan
  • Kocok putih telur, cream of tartar, gula dan garam sampai kental. Prinsipnya di balik nggak tumpah
  • Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang masukkan minyak dan susu cair aduk rata terakhir masukkan bahan B
  • Ambil putih telur sebagian campur dengan kuning telur. Setelah rata masukkan ke sisa putih telur. Aduk rata.
  • Keluarkan loyang  dari oven tuangi adonan. (Loyang tdk usah disapu minyak) Panggang lebih kurang 50 – 60 menit disuhu 180 celcius

DSC00214

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s