SOP KEPALA IKAN

2 Minggu kemarin karna sibuk ngurusin pindahan toko, nyaris nggak pernah ada waktu untuk masak. Yang terpikir dikepala gimana cara biar pindahannya cepat rampung.

Sampai sekarang masih belum kelar sih, tapi kasihan anak-anak kalo harus makan diluar mulu. Kebersihan sdh pasti tidak terjamin ditambah penggunaan penyedapnya itu lho . Sutralah disempat-sempatkan masak aja. Lagian anak-anak sdh ngeluh kangen masakkan mamanya. Cari menu yg gampang buatnya.Nggak usah ngupas2x, nggak usah ngulek2x.

Ditukang ikan nemu kepala ikan masih fresh (ya iyalah masa ditukang ikan ketemu kepala ayam). Sudah kebayang kelezatannya kalau dibikin sop. Nggak ribet buatnya semua bahan tinggal dicemplungin. Mengingat waktu yg terbatas  untuk santannya aku pake santan instan biar cucian nggak banyak.

BahanDSC00177

½ kg kepala ikan

2 liter air

3 sdm cabe giling yg sdh ditumis (sdh ada stok waktu cabe murah bikin 1 kg)

3 sdm bumbu Rajang bali (dpt dikasih teman)

1 batang kayu manis

5 btr kapulaga india

1 kerat jahe

5 btr cengkeh

3 lbr daun salam

1 bks santan instan

5 btr cabe rawit bagi 2

Garam secukupnya

Bubuk jamur

Cara

Rebus air, masukkan kepala ikan yg sdh dicuci dgn jeruk nipis. Masukkan cabe giling, cabe rawit, bumbu Rajang bali, kayu manis, kapulaga, jahe, cengkeh dan daun salam.Didihkan baru tuangi santan.Bumbui dengan garam dan bubuk jamur.  Sudah selesai. Gampang bangetkan. Semua yg dirumah doyan. Walaupun agak kepedasan buat anakku yg kecil tapi dia bilang “enak mah”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s