PIA

Rasanya sudah ada 1 bulan ngiler pengen bikin pia sendiri setelah lihat blognya Lynda  dan Mba Hesti. Duh bisa nggak ya? Lhah kok nonton AFC back to basic Martin Yan  kebeneran nunjukin cara bikinnya. Sdh membulatkan tekad harus bikin terkendala sama mentega putih  yg tdk ada dan tepung yg tersisa cuma tepung utk bikin Roti. Sementara keinginan itu dipendam dulu untuk sementara waktu.

Kemarin menghadiri FHT 2014 (Food hotel Tourism) nemu standnya PT. Eastern Pearl yang jualan tepung terigu. Pucuk dicinta ulampun tiba. Aq beli paketan tepung seharga 23rb dapet 3 kg tepung dgn jenis yg berbeda ditambah  bonus mentega, celemek, kaos, agenda dan pulpen ho…ho…ho….I like it… udah dapet harga murah bonusnya segambreng pula.

DSC00137

Pulang dari FHT saatnya menuntaskan rasa penasaranku, ambil timbangan mulai dah beraksi, mengeluarkan catatan diselembar nota bekas yg aku salin dari blognya mbak Lynda dan tersimpan manis dalam dompet. Maklum dirumah agak susah koneksi internetnya. Catatan ini aku sdh setengahkan dari resep , tp bingung sendiri ini catatan  ku bener apa enggak. Soalnya adonan kulitnya agak lengket atau karna mentega putih aku ganti dgn margarine. Ya sutralah akhirnya resep agak disesuaikan dikit.Karna nggak bisa ngenet  esok baru liat lagi ke blognya mba Lydia kesalahanku dimana… Ternyata yg lain aku setengahkan menteganya tetep..pantas aja adonannya lengket. Untung hasilnya tdk begitu mengecewakan. Kulitnya berlapis yg penting lagi Si Koko  nambah-nambah apalagi yg coklat. Kata suami teksturnya spt pia mangkoknya malang beremah. Pengennya kaya bakpianya Pathoknya Yogya yg lembut. Mungkin karna aku nambah tepung lagi. OK besok berusaha lagi….sabar ya honey. Sementara gini dulu aja. 😛

DSC00133

PIA

Isi Keju

85 gr keju

100 ml susu

50 gr gula

50 gr terigu

25 gr butter

Isi Coklat

85 gr dark coklat

100 ml susu

50 gr gula

50 gr terigu

Cara buat isi Keju

  • Hangatkan susu bersama keju  dan gula sampai lumer
  • Masukkan Terigu aduk rata terakhir baru masukkan butternya.
  • Bagi menjadi beberapa bulatan2x kecil

Cara buat isi coklat

  • Sama spt membuat isi keju cumin tdk usah dimasukkan butter

KULIT

Bahan A

150 gr terigu Aku  tambah lagi 150 gr terigu

2 sdm mentega putih diganti sama margarine yg ada dirumah

50 gr gula

75 ml susu cair

Bahan B

175 gr terigu

120 ml minyak goreng

30 ml susu cair

Cara

Bahan A Campur  terigu, mentega, dan gula dengan susu aduk sampai agak kalis

Bahan B Campur terigu dengan susu uleni baru masukkan minyak.

Penyelesaian

Gilas adonan A. Taruh adonan B diatasnya. Bungkus adonan B dengan adonan A.

Gilas adonan A yg sdh diisi dengan adonan B lalu gilas lagi sampai agak tipis.

Gulung adonan Potong melintang sehingga tampak spt gambar disebelah.

Ambil potongan adonan gulung dan gilas lagi. Lakukan ini sampai 2 x.

Isi adonan dgn isian keju atau coklat

Panggang adonan 15 menit lalu aku balik panggang lagi selama 15 menit

DSC00134

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s