CROISSANT

DSC00297

Paling suka liat Anna Olson bikin kue. Kayaknya kue apa aja pasti oke ditangan beliau. Makanya kadang tayangannya suka aku rekam pake kamera maklum nggak punya handycam. Kalo nyatat pake tangan mesti lupa mulu caranya. Lagian suka kelewat.Baru nulis telur eh di tv udh nyampe cara buat.
Satu kali beliau nunjukin cara bikin croissant. Ituloh roti Prancis yg berlapis-lapis. Roti ini kegemaran suami. Jadi semangat ngikutinya. Apa daya nonton awal kelewatan. Ngeliatnya bikin adonannya tinggal penyelesaian akhir. Halah…halah untung ada tanyangan ulang. Lha kok pas tayangannya anak masuk rumah sakit. Sebel banget.
Sekian lama dinanti tayangan ulang ada lagi……Belain nonton sampai malam buat bisa merekam proses pembuatan adonan croissant ini. Hore….kali ini berhasil ngeliat dari awal sampai akhir.
Sekarang proses eksekusinya . Ternyata nggak segampang yg terlihat. Masalah paling utama saat mentega sdh dimasukkan dalam adonon. Pas gilas sebagian butter ada yg keluar . Mau nggak mau masukin lagi kedalam kulkas.
Hasilnya lumayanlah. Walau masih belum pas bener. Mungkin karna prosesnya aku ada yg kelewatan. Adonan setelah dibentuk harusnya di diamin dulu baru dioven.Karna nggak sabar langsung oven aja.Next coba lagi.  : )Semangat

DSC00294

Bahan
1 Cup air
½ Cup susu cair (pake diamond ijo)
3 ½ cup terigu
5 sdm gula pasir
2 ½ sdt ragi
1 ½ sdt garam
2 sdm mentega
200 gr butter suhu ruangan dipipihkan diplastik. Masukkan dalam Kulkas
Cara
Campur semua bahan kering kecuali garam (karna garam sebenarnya mematikan kerja ragi). Aduk rata
Masukkan mentega uleni lagi.
Ambil kertas roti taburi dengan terigu. Taruh adonan diatasnya tutup dengan serbet bersih. Tutup lagi atasnya dgn plastic wraping.
Masukkan dalam kulkas minimal 1 jam
Keluarkan adonan dari dalam kulkas. Gilas tipis. Taruh Butter diatasnya. Lipat spt amplop, Masukkan lagi dalam kulkas Minimal 1 jam.
Lipat 3 lipatan. Gilas. Masukkan lagi dalam kulkas.
Gilas lipat lagi jadi 3 lipatan. Gilas masukkan dalam kulkas. Setelah 8 jam Gilas
Potong2x taruh Isi gulung. Dimankan hingga adonan mengembang baru panggang.

DSC00293

 

Iklan

MANTAO

DSC00259

Sebenarnya ini PR dari anakku yang paling besar. Dia doyan banget sama yg namanya steam bun baik itu bakpao atau mantao. Seperti biasa mamanya selalu bilang nggak usah beli entar mama bikin sendiri. Mentang2x ada pinjaman bread maker dari ade tercintah..jadi bikin model2x begini kayaknya gampang banget. Nggak usah keluar banyak tenaga buat banting-banting atau nguleni.he..he…he…

Resep awalnya ngasal suka-suka aku. Karna selama ini dalam pikiran ku adonan bakpao, roti dan donat  sama aja. Kalo dikukus jadinya bakpao, digoreng jadinya donat, dipanggang jadinya roti. Ternyata perotian tidak semudah itu teman dan aku salah besar. Pembuatan pertama bakpao kacang ijo.

Anakku bilang “Enak mah cuman kok rasanya mirip roti ya?”

Aku bilang” Emang begitu rasa bakpao”

Anakku menjawab lagi” Beda baunya mah, Coba entar kita beli”

TOTOT….betul aja begitu beli rasanya emang beda.Ok…ok maminya mengakui salah. Mari kita goggling mencari resep steam bun yg sesungguhnya. Nemu resep dan cara pembuatannya di youtube

Hmmm kali ini menuai pujian walaupun masih kurang dikit.

 

Bahan

300 Ml susu

5 Tbs gula

1/4 sdt garam

2.5 sdm coconut fat diganti 5 ml minyak

500 gr terigu

7 gr yeast

Cara

  • Hangat susu, minyak dan gula
  • Tuang dalam mangkok yg berisi terigu, ragi dan garam
  • Uleni hingga adona kalis
  • Diamkan 5 menit tutup dengan kain atau mangkok
  • Gilas. buat 3 lipatan. Lipat lagi. Gilas sampai melebar olesi dengan air aku sih pake susu cair. Baru gulung
  • Potong taruh diatas kertas roti. Diamkan 45 menit baru dikukus

DSC00244DSC00247DSC00249

  • DSC00251  DSC00253   DSC00256

 

Mocca Chiffon Cake

Barusan beberapa hari yang lalu bikin Orange Chiffon Cake. Sekarang pengen buat yang Mocca lagi ah.  Tehnik pengocokkan kuning telurnya disini aku ubah. Kalo kemarin kuning telurnya dikocok pake whisk sekarang kuning telurnya dimixer. Ternyata menghasilkan tekstur yg lebih spongy.

Dari segi rasa anak2x doyan yg orange karna kecut-kecut manis.

DSC00225

Mocca Chiffon Cake

Bahan

100 gr terigu

1 tbs baking powder

1 tbs mocca pasta

100 ml susu

50 mil minyak

4 kuning telur

50 gr gula pasir

1/4 sdt cream of tartar

5 putih telur

50 gr gula

1/4 sdt garam

DSC00229DSC00226

Cara

  • Ayak terigu bersama baking powder
  • Satukan minyak dan susu
  • Kocok Putih telur bersama gula sampai mengembang. Mixer diangkat membuat puncak lancip pd adonan
  • Kocok kuning telur dgn gula sampai mengembang. terigu…kocok lagi sampai rata baru masukkan …campuran susu dan Minyak
  • Ambil sedikit adonan putih telur, masukkan ke dalam kuning telur. Aduk rata
  • Baru campur adonan tadi kedalam putih telur.
  • Panggang dalam oven bersuhu 180 selama 60 menit
  • DSC00234 DSC00233

 

 

 

 

POPCORN

Rasanya popcorn merupakan suatu menu wajib nonton bioskop. Hampir semua bioskop yg aku datangi pasti menjual menu yg satu itu. Mungkin karna rasanya yg gurih membuat mulut nggak bosen mengunyahnya. Mata terpuaskan, mulut juga

DSC00239

Entah sejak kapan si putih manis ini mulai menjelajah keluar dari bioskop masuk ke toko peralatan dan bangunan.

Kemarin waktu belanja cari wastafel buat toko di D….B….N  anak sdh mulai tergoda mencium baunya.

Aq bilang ” Sabar ya nak entar mama bikinin.”

DSC00238

 

Karna menurutku harganya untuk sekantung kecil nggak warted. Enakkan bikin sendiri harga sama dapat sepuasnya. Untuk rasa ya…tertutupilah dengan banyaknya haa…ha….ha…mama pelit.

Pulang dari sana belain ke Car…our buat beli 1/2 kg jagung popcorn.

Lama nggak bikin popcorn aku lupa caranya. Suer…padahal gampang bangetkan buatnya. Percobaan pertama banyak yg bantat dan nggak mekar…untung masaknnya cuma sebagian. Percobaan kedua ya sdh berhasil sedikit tapi tetep aja ada biji yg nggak bisa mekar mencapai 20%. Hmm….harus ganti cara nih. Eureka….ternyata dipercobaan ketiga tingkat keberhasilannya mencapai 95%.

Sudah berhasil memekarkan jagung PR selanjutnya adalah membuat rasa mirip sama spt yg dijual kemarin….

Bahan

Jagung popcorn

mentega

panci presto

 

Cara membuat

Panaskan  pancinya terlebih dahulu. Masukkan mentega sampai meleleh masukkan jagung. Buat biji jagung terlapisi mentega. Tutup panci dan kecilkan api. Nggak lama akan terdengar bunyi letupan biji jagung yg mekar. Tunggu beberapa saat. Buka tutup panci taburi dengan sedikit garam.

DSC00237

Orange Chiffon Cake

DSC00219

Kalo diambil poling dirumahku Jenis cake apa yang paling disukai? pasti jawabnya Chiffon Cake. Dari suami, anak dan saya sendiri doyannya kue ini. Mungkin karna tekstur kuenya lembut dan spongy waktu digigit. Ditambah lagi karna hanya menggunakan minyak kue ini termasuk jenis yg low fat jadi sudah bisa dipastikan nggak bikin saya gemuk xixixiii…..

Dilihat dari harga jualnya Chiffon cake ini termasuk cake yang murah loh. Satu loyang berkisar 15 s/d 20 rb.  Padahal long-long ago resepnya  pernah menjadi misteri selama 20 tahun utk pembuatannya dan hanya utk konsumsi kalangan terbatas termasuk  para bintang hollywood.

Mungkin salah satu faktor lagi yg membuat kue ini nggak bosenin adalah rasanya yg gampang diubah dengan berbagai rasa. Moodnya pengen nambah duren tinggal tambahain aja durennya. Mau diganti rasa coklat atau keju itu juga bisa.

Sedang untuk tingkat kesulitan dalam pembuatannya hampir tidak ada. Yang penting ngocok putih telurnya bener aja dan saat mendinginkan dalam posisi terbalik digantung dileher botol supaya strukturnya nggak ambles.Pake loyangnya yg bolong ditengah agar saat pemanggangan suhunya merata.

Hari ini moodnya saya bikin yg orange . Jadilah Chiffon cake aroma jeruk campuran lemon

ORANGE CHIFFON CAKE

Bahan A

6 kuning telur

50 gr nutrisari bubuk

75 Ml Minyak

100 Ml Susu cair

1 bh lemon diparut ambil kulitnya

Bahan B

120 gr terigu

1 sdt baking powder

Bahan C

6 putih telur

1/2 sdt cream of tartar

100 gr gula

cara

  • Panaskan oven bersama loyang
  • Ayak bahan B jadi satu lalu sisihkan
  • Kocok putih telur, cream of tartar, gula dan garam sampai kental. Prinsipnya di balik nggak tumpah
  • Kocok kuning telur dan gula sampai mengembang masukkan minyak dan susu cair aduk rata terakhir masukkan bahan B
  • Ambil putih telur sebagian campur dengan kuning telur. Setelah rata masukkan ke sisa putih telur. Aduk rata.
  • Keluarkan loyang  dari oven tuangi adonan. (Loyang tdk usah disapu minyak) Panggang lebih kurang 50 – 60 menit disuhu 180 celcius

DSC00214

UDANG MASAK JERUK

Jujur nggak tau namanya, resep didapet dari papi yg diajarin tante kosku dulu. Agak nggak tepat kalo namanya Udang Masak Jeruk. Karna udangnya hanya digoreng lalu ditambah dengan irisian jeruk. Rasa kayak permen nano-nano, manis, asem asin bikin ketagihan. Cara buatnya  gampil banget sebentar juga  selesai. Yang lama malah bersihin udangnya.

Sekarang sih sdh tau cara bersihin udang cara cepat, gara-gara nonton film korea. 😛

Disini aku pake udang air laut, biasanya pake udang  air tawar . Tau sendirikan di Bali dapetnya susah. Kalaupun ada harganya mahal minta ampyun. Sutralah pake yg ada aja.

Jeruk peras aku ganti pake jeruk sunskist yg ketersediaannya di supermarket nggak mengenal musim.Yang nggak bisa diganti cobeknya. Suami minta udang jangan dipindah dari cobek, rasanya jadi berkurang.  Kata saya sih sama aja cuman beda tempat.

DSC00184Bahan

½ kg udang  buang kotoran tengahnya lumuri dgn garam

4 bh cabe besar buang biji

½ sdm terasi yg sdh digonseng

1 sdm gula

½ sdt garam

2 bh jeruk peras/ jeruk Sunkist

Cara

  • Goreng udang sampai matang tiriskan
  • Ulek terasi, cabe, gula dan garam
  • Aduk udang yg sdh digoreng kedalam ulekkan cabe. Tambahkan  irisan jeruk .

DSC00188

SOP KEPALA IKAN

2 Minggu kemarin karna sibuk ngurusin pindahan toko, nyaris nggak pernah ada waktu untuk masak. Yang terpikir dikepala gimana cara biar pindahannya cepat rampung.

Sampai sekarang masih belum kelar sih, tapi kasihan anak-anak kalo harus makan diluar mulu. Kebersihan sdh pasti tidak terjamin ditambah penggunaan penyedapnya itu lho . Sutralah disempat-sempatkan masak aja. Lagian anak-anak sdh ngeluh kangen masakkan mamanya. Cari menu yg gampang buatnya.Nggak usah ngupas2x, nggak usah ngulek2x.

Ditukang ikan nemu kepala ikan masih fresh (ya iyalah masa ditukang ikan ketemu kepala ayam). Sudah kebayang kelezatannya kalau dibikin sop. Nggak ribet buatnya semua bahan tinggal dicemplungin. Mengingat waktu yg terbatas  untuk santannya aku pake santan instan biar cucian nggak banyak.

BahanDSC00177

½ kg kepala ikan

2 liter air

3 sdm cabe giling yg sdh ditumis (sdh ada stok waktu cabe murah bikin 1 kg)

3 sdm bumbu Rajang bali (dpt dikasih teman)

1 batang kayu manis

5 btr kapulaga india

1 kerat jahe

5 btr cengkeh

3 lbr daun salam

1 bks santan instan

5 btr cabe rawit bagi 2

Garam secukupnya

Bubuk jamur

Cara

Rebus air, masukkan kepala ikan yg sdh dicuci dgn jeruk nipis. Masukkan cabe giling, cabe rawit, bumbu Rajang bali, kayu manis, kapulaga, jahe, cengkeh dan daun salam.Didihkan baru tuangi santan.Bumbui dengan garam dan bubuk jamur.  Sudah selesai. Gampang bangetkan. Semua yg dirumah doyan. Walaupun agak kepedasan buat anakku yg kecil tapi dia bilang “enak mah”